Jul 24, 2012

Advertisement

4 Destinasi Wisata Luar Negeri Murah

Advertisement


Mungkin bagi sebagian orang, liburan ke luar negeri adalah liburan yang menguras kantong. Tapi ternyata, ada beberapa negara yang bisa kita jadikan destinasi wisata dengan budget terjangkau. Namun, ada baiknya terlebih dahulu siapkan paspor jauh-jauh hari jika anda memiliki rencana pergi ke luar negeri. 

Karena masa berlaku paspor adalah 5 tahun maka nggak ada salahnya 1 - 2 bulan sebelumnya anda mengurusnya agar kita tak merasa terlalu banyak mengeluarkan uang. Jika kita mengurusnya terlalu dekat dengan waktu keberangkatan, maka budget pembuatan paspor akan masuk dalam komponen pengeluaran kita untuk traveling. Apalagi jika membuat paspor dalam jumlah banyak, dengan keluarga misalnya maka pengeluaran pun juga terasa membengkak.  

Satu lagi, cobalah mengurus sendiri keperluan traveling anda, tanpa ikut paket tour. Liburan semi backpacker ini akan membuat budget yang anda keluarkan juga akan minimalis.

Berikut ini negara tujuan wisata yang cukup terjangkau terutama untuk orang Indonesia

1. Malaysia

hotelcrow.com


Anda bisa menggunakan maskapai penerbangan low cost seperti Air Asia yang menawarkan tarif murah jika kita memesannya jauh hari sebelum keberangkatan. Sebagai contoh, tarif penerbangan bulan Oktober 2012 dari Jakarta ke Kuala Lumpur PP adalah Rp. 1.038.000,- (all in).

Untuk penginapan, pilihlah sesuai dengan tujuan favorit anda. Misalnya anda ingin dekat pusat belanja Bukit Bintang maka carilah hotel atau penginapan di daerah tersebut. Tapi misalnya hotel anda agak jauh dari pusat kota anda tak perlu khawatir karena transportasi massal di negara ini terintegrasi dengan baik dan murah.

2. Singapura

theberry.com

Negara ini memang terkenal sebagai salah satu negara dengan living cost tertinggi di dunia. Namun bukan berarti anda tak bisa traveling ke negara singa ini. Ada 3 cara untuk menuju negara ini yang bisa disesuaikan dengan budget anda.
  • Cara 1 : Berangkat langsung dari Indonesia. Tetap gunakan maskapai penerbangan low cost, mungkin anda akan mendapatkan tarif tak sampai Rp. 1 juta jika memesannya jauh sebelum waktu keberangkatan.
  • Cara 2 : Berangkat melalui Batam, dan ke Singapura lewat jalur laut. Walaupun agak ribet, dan sedikit  mahal dibandingkan penerbangan direct, tapi anda bisa traveling ke 2 tempat sekaligus Batam dan Singapura. Di Batam ada banyak wisata pantai indah, seperti pantai nongsa atau pantai di pulau tetangga Batam, Bintan. Dijamin anda tidak akan kecewa. 
  • Cara 3 : Berangkat dari Malaysia. Untuk cara ketiga jika kebetulan anda sedang berada di Malaysia, ada baiknya anda juga ke Singapura karena hanya menempuh sekitar 10 jam. Rasanya sayang kalau anda tak menjadwalkan ke negara tetangga Malaysia ini karena transportasi menuju ke sana cukup mudah dan nyaman. Ada 2 pilihan transportasi  dari Kuala Lumpur ke Singapura yaitu dengan Kereta api dan Bus. Dan ongkosnya lebih murah dibandingkan rute sebaliknya (Singapura-Kuala Lumpur).
Untuk penginapan, dibandingkan Kuala Lumpur tarif hotel di Singapura hampir 2 kali lipatnya. Namun jangan khawatir ada banyak pilihan hotel murah dan hostel di derah Bugis, Arab Street atau Little India. yang bisa anda cari di website. Rencanakan dengan matang ke tempat mana saja anda akan berkunjung agar budget hotel tak membengkak.

Makanan juga relatif mahal di Singapura, tapi jika anda ingin menghemat ada baiknya anda mencari tahu di mana restoran murah di kota Singa ini. Yang saya tahu, di Arab Street tepatnya di belakang Masjid Sultan ada restoran favorit orang Indonesia, harganya cukup terjangkau dengan menu Indonesia yang familiar di lidah kita.

3. Thailand

goingplaces.sg

Negara ini juga salah satu negara Asean yang cukup menarik dikunjungi. Penerbangan direct dari kota-kota besar di Indonesia juga sudah banyak dilayani oleh maskapai low cost. Penawaran harga yang bersaing antar maskapai penerbangan juga bisa anda manfaatkan.

Untuk urusan angkutan umum massal di Bangkok juga tak perlu anda ragukan. Di sana angkutan umum yang terintegrasi dengan baik, bersih dan nyaman sangat membantu wisatawan yang baru berkunjung ke sana sekalipun. Urusan penginapan, pilihannya juga cukup banyak dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget anda, yang jelas tarifnya tak semahal tarif hotel di Singapura.

Soal makanan, kita harus selektif memilih terutama untuk muslim. Tapi juga jangan terlalu khawatir, sudah banyak resto-resto yang menyediakan makanan halal di Bangkok. 

4. Hongkong

Negara ini adalah salah satu negara tujuan wisata favorit orang Indonesia. Hongkong adalah negara bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia. Bagi yang hobi shopping, Hongkong adalah negara yang menarik dikunjungi. Produk elektronik dan busana adalah item yang banyak dicari oleh para shopper karena selain modelnya update harganya juga lebih murah dibandingkan dengan harga di Indonesia. 




Untuk maskapai penerbangan, Air asia juga telah melayaninya. Garuda Indonesia dan Cathay Pacifik kadang memberlakukan tarif promo untuk penerbangan direct dari Jakarta ke Hongkong. Sedangkan hotel, sangat disarankan anda mencari di kawasan Causeway Bay, di sini anda tidak akan susah menemukan makanan Indonesia dengan harga yang juga Indonesia. Tetapi jika anda ingin dekat pusat belanja murah di kawasan Mongkok pilihlah hotel yang letaknya tak jauh dari sana, misalnya di daerah Kowloon. Dari Kowloon ke Mongkok cukup berjalan kaki 10 menit saja.

Seperti halnya di Malaysia, Singapura dan Bangkok, transportasi massal di Hongkong sangat baik. Jika anda tak ingin repot-repot menjelaskan pada sopir taxi yang umumnya tak bisa berbahasa Inggris. Selain itu tarifnya  MTR lebih murah dibandingkan jika kita naik taxi.

Nah, bukan tak mungkin traveling ke luar negeri kan..?? 

Advertisement

9 comments:

Obyek Wisata said...

terima kasih gan atas infonya, sangat membantu. ya siapa tau mau jalan2 kesana kan. salam kenal ya gan.

Ellys Utami said...

Salam kenal kembali...... Bang/mbak Obyek Wisata... :D

Liburan murah said...

terima kasih gan atas infonya, sangat bermanfaat dan juga sangat membantu.
salam kenal ya.

asoygeboy ulala said...

Ikuti kontes SEO Rgopoker 2014 dengan total hadiah 32juta rupiah.. untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.kontes-seo-rgopoker.com, terima kasih atas partisipasi anda

Halimatus S. said...

waow... nice article..

www.duniawisataku.com
thanks

muhammad sigit aliudin said...

saya sudah ke thailand murah pakai agen travel wisata di jakarta, fiesta indonesia hanya 3 juta bisa berangkat, aman dan nyaman berkualitas

www.facebook.com/fiestaindonesia/

tourism spot said...

saya belum pernah liburan keluar negeri. semoga tahun depan kesampaian.

Malik Muqtadir said...

Stelah saya membacanya ternyata benar juga apa yang ditulis agan diatast. keren banget artikele bro, bermanfaat banget . thanks ya

Sunday Travel said...

pengalaman yang sangat menarik kak, oiya jangan lupa baca 4 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Jalan-Jalan Ke Luar Negeri Gratis Loh!

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy