Mar 4, 2013

Advertisement

Di Mesir, Harga LPG Murah dan Nggak Bikin Galau

Advertisement


Pernah kehabisan gas pas lagi asik-asiknya masak nggak?? Sebel banget yah? Apalagi kalo kejadiannya malam hari. Iya kalo yang jual gas deket rumah, terus bisa ditelpon. Udah jauh, nggak bisa ditelepon eh.. stok gasnya nggak ada. Sebel banget kan?

Dulu pas di Pekanbaru seringkali saya mengalaminya. Di Pekanbaru jarang banget toko yang melayani pesan antar. Di daerah rumah saya hanya ada 1 agen LPG yang melayani pesan antar by phone. Tapi hanya buka sampai jam 3 sore aja, malam hari tutup. Ada toko-toko kecil yang jual tapi kan nggak selalu tersedia, kalo satu toko nggak ada terpaksa saya harus bawa tabung kosong ke toko lain. Semakin menderita kalo pas suami nggak di rumah. Mana bawanya pake motor lagi.. hiks..hiks..

Gara-gara itu saya akhirnya beli kompor gas portable yang isinya pake tabung gas seukuran kaleng hair spray. Lebih sebagai langkah antisipasi kalo gas mendadak habis malam hari. Memang di regulator gasnya ada jarum yang fungsinya untuk melihat sisa gas yang masih ada tapi saya jarang banget perhatian, soalnya tabung gas itu saya letakkan di lemari dapur bagian bawah. Jadi jarumnya jarang diintip hehehe...

Itu cerita saya waktu di Pekanbaru, sekarang saya nggak pernah mengalami kejadiagas habis lagi. Di apartemen yang saya tempati ini gasnya pake sistem meteran seperti PDAM gitu, bayarnya juga tiap bulan. Harga gas LPG di Mesir murah banget lho.. Tiap bulan saya hanya bayar 8-10 LE (1 LE = Rp. 1.500) murah kan? Udah gitu bayarnya ada petugasnya yang narik ke rumah-rumah. Tapi ada  juga apartemen yang nggak nyediain pipa gas yang pake meteran, kalo gini orang-orang belinya yang tabung. Tabung gas ukuran 12 kg harganya juga nggak mahal, cuma 8-10 LE saja kalo lagi langka biasanya mencapai 15-20 LE per tabung. Bandingkan dengan Indonesia.... yang 12 kg harga normalnya Rp. 85-95 ribu dan kalo langka bisa mencapai harga Rp. 100.000 lebih. Fantastis!!!!



Meteran gas untuk rumah tangga

Mesir memang termasuk negara penghasil gas terbesar, Israel aja pake gas dari Mesir. Taxi-taxi di Kairo hampir semua pake LPG, karena memang lebih hemat dan murah. Makanya taxi di Kairo jarang ada yang ngetem kalo cari penumpang, mereka suka muter-muter. Ngisi gas 3 LE (= Rp. 4.500) aja bisa penuh tangki gasnya.

Karena nggak kuatir kehabisan gas dan harganya nggak mahal, acara masak jadi lebih menyenangkan. Jadi bisa sering-sering bikin kue juga. Ahhhh.... kapan harga LPG di Indonesia bisa murah seperti di sini ya?? Jadi ibu-ibu nggak galau kalau gasnya habis...

Kairo, 4 Maret 2013 
sore menjelang malam

Advertisement

8 comments:

Risablogedia said...

saya ga kebayang pake gas dengan sistem gitu, mba .. terpusat, kayak aliran pam begitu ya pengaturannya..
keren sih, tapi aman kan ya? hehe .. parno sama gas di indonesia soalnya ;p

Ellys Utami said...

Iya...Lebih aman pake meteran gini menurutku mbak Risa... Kabarnya di beberapa daerah di Indonesia udah pake model begini. Baguslah apalagi harganya bisa semurah di sini hehehe...*ngarep :D

kartika kusumastuti said...

sama mbak, di jepang jg gitu sistemnya, pake meteran, tiap bulan dateng tagihan. tapi, disini termasuk mahal hiks... apalagi musim dingin kayak gini, selain masak, buat air panas jg (mandi, wastafel, cuci piring) :( sebulan bisa sampe 7000yen (sekitar 700rb rupiah) huhuhu....
di mesir murah amat ya.... *pindah ah* :P

Ellys Utami said...

Wuiiikkkk!!! Iya mahal banget.... saya juga heran pas pertama pindah ke Kairo dulu, begitu lihat tagihan gasnya lha koq cuma 8 LE (= Rp. 12.000) kirain salah ngasih tagihan hihihihi...

Padahal harga segitu di Indonesia cuma dapet isi ulang yang tabung kecil 3 kg itu juga udah harga subsidi.

Rumput tetangga emang selalu tampak lebih ijo ya mbak Tika hahaha... daku juga pengen ke Jepang nih... tukeran yuk!! Haiiiikkks... wkwkwkwk..

hana sugiharti said...

aku pakenya kompor listrik hehe

Ellys Utami said...

Listrik lebih murah di jazirah Arab ya mak.... hihihihi...

Traveler Family said...

Wuikkk murahe, Mbak... Aku gas gawe pemanas banyu + ruangan. Masak nggawe listrik. Tagihan gasku meh 2 juta rupiah sakwulan. Soale Jerman impor soko Rusia..hiks...

Ellys Utami said...

Iyooo pancene murah pooll mbak Ira..
Listrik yo luwih murah dibandingno Indonesia. Nek gas Mesir malah dipekso Israel ekspor gas dg harga murah mbak hiks...

Nek numpak taxi yo murah soale kan taxi nggawe BBG. Ongkose akhire yo melu murah.

Mestine nang Ina gas-e lak iso murah yo mbak... Oalahhh negerikuuu :'(

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy