Jun 26, 2012

Advertisement

Mahasiswa Al Azhar : Mereka juga Anak Muda...

Advertisement



Siapa sih yang nggak kenal dengan Universitas Al-Azhar? Salah satu universitas tertua di dunia yang melahirkan ulama-ulama besar dunia. Siapa yang nggak tau mahasiswa Indonesia di sana jumlahnya ribuan orang. Rata-rata mereka adalah lulusan pesantren di Indonesia. Tujuannya jelas menimba ilmu agama. Nah ini yang menyebabkan saya berpersepsi bahwa mahasiswa Al Azhar itu nggak seperti mahasiswa kebanyakan.

Berkutat dengan buku-buku agama, ngaji di masjid, dan kegiatan keagamaan yang lain.  Itu dulu sebelum saya kenal mereka, dan jauh sebelum pindah dan tinggal ke Kairo. Saya pikir mereka itu jaim-jaim gitu deh..

Pertama kali kenal dan kumpul dengan komunitas mereka, satu minggu setelah saya datang ke Kairo. Mungkin karena berasal dari daerah yang sama (Jawa Timur) jadilah obrolannya nyambung. Berbahasa daerah mungkin jadi salah satu sebab saya jadi nggak canggung bergaul sama mereka. Atau karena umur saya yang nggak terpaut jauh dengan mahasiswa-mahasiswa itu ya?? hahahaha... ini sih pengakuan yang sangat tidak  jujur. Jadinya dugaan saya di awal kalau mahasiswa-mahasiswa itu jaim jelas salah besar..

Hobi-hobi khas anak-anak muda seperti main sepak bola, basket, main musik, sampai fotografi mereka kuasai. Mereka  juga hobi ngegame, kalau  ini nyambungnya sama suami karena hobi yang satu ini sama persis sama dia. Soal IT, jangan tanya... kemampuan mereka di bidang ini patut diperhitungkan. Merakit komputer dan mengotak-atiknya nggak perlu diragukan lagi.

source: facebook/khatulistiwa.cairo



Hobi bermusik, hmmm..... mau belajar musik tradisional sampai modern seperti biola,  gitar, piano banyak yang pinter di bidang ini, dan pasti dengan senang hati ngajari. Satu lagi yang membuat saya terkagum-kagum itu adalah kegiatan fotografi, hobi yang lagi trend di kalangan mahasiswa Al Azhar saat ini. Saya pun belajar soal fotografi dari mereka, dari sebelumnya nggak ngerti soal teknik dan editing jadi lumayan ngerti setelah belajar dari mereka. Untungnya mereka nggak pelit kalau soal bagi-bagi ilmu. Bidang fotografi ini ada mahasiswa yang bikin lembaga kursusnya loh...

source : www.facebook.com/groups/ipsc.egypt/


Soal wirausaha, mereka nih jagoannya. Bertahan jauh dari orang tua tanpa harus mengandalkan kiriman bulanan. Mau usaha apa, warung makan, ekspedisi/cargo, jasa transfer uang, event organizer (EO), travel dan banyak lagi. Hmmm.... anak muda memang seharusnya mandiri.

Kegiatan seni selain musik sepertinya juga bukan hal tabu di sini, menari misalnya. Kalau ada acara-acara di KBRI mereka kerap kali diundang tampil. Biasanya yang jadi langganan itu tari Saman dari Aceh kalau tarian yang lain saya sih belum pernah lihat. Acara-acara di kalangan mahasiswa juga sering di adakan, misalnya acara ulang tahun masing-masing kekeluargaan (paguyuban), di sini biasanya ada acara pentas seni.

Kalau ternyata anggapan saya salah tentang mahasiswa Al-Azhar, itu dulu. Banyak ilmu yang saya dapatkan setelah bergaul dengan mereka. Dan kenyataannya mereka juga anak-anak muda yang berjiwa dinamis seperti mahasiswa pada umumnya. Mungkin setelah lulus, mereka bukan saja menjadi ustadz ya.. karena banyak bidang yang mereka kuasai. 

Advertisement

2 comments:

Airlangga said...

lumayan,,,fotoku mampang disini, walau nyempil

Ellys said...

hehehe... yang penting nampil kan Ngga??? :D

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy