Jun 17, 2012

Advertisement

Perhatikan 4 Hal Ini Kalau Traveling ke Mesir

Advertisement









Liburan Ke Mesir??? Kenapa tidak? Mungkin Mesir menjadi destinasi wisata anda saat liburan. Di negara ini kita akan di ajak untuk napak tilas ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah. Kalau ingin liburan sekaligus belajar sejarah, Mesir adalah gudangnya. Dari mulai sejarah Mesir kuno sampai sejarah peradaban Islam, semuanya akan anda temukan di tempat ini. 

Mempersiapkan segala sesuatu ketika traveling adalah wajib, terutama jika anda akan melakukan travelling ke luar negeri. Perbedaan cuaca, waktu dan makanan menjadi hal yang cukup krusial, sehingga ketiganya butuh perhatian dan persiapan khusus. 

Nah, jika anda berencana traveling ke Mesir inilah beberapa hal yang harus menjadi perhatian :

1. Iklim

Ada 3 musim yang berlaku di Mesir, musim dingin, musim semi dan musim panas. Curah hujan hanya 4 kali dalam setahun, jadi di kelembaban udara nyaris tidak ada alias kering. 
  • Musim panas mencapai puncaknya pada bulan Juni - September, suhu udara saat musim panas bisa mencapai 45 derajat celcius. Dan di gurun bisa mencapai di atas 50 derajat celcius. Saat musim panas, suhu udara tidak pernah dibawah 30 derajat, jika malam angin yang berhembus juga panas. Alhasil, AC akan senantiasa menyala sepanjang hari.
  • Musim dingin di Mesir biasanya akan mulai pada bulan Oktober dan sudah mulai berakhir pada bulan Februari. Suhu udara pada musim dingin berkisar antara 7 - 18 derajat celcius. 
  • Musim semi yaitu bulan Maret - Mei, waktu yang paling pas untuk liburan ke Mesir sebenarnya di musim ini karena suhu udara hampir sama dengan di Indonesia, sejuk walaupun cenderung kering dan tidak lembab. Suhu udara berkisar antara 20-30 derajat celcius.
Jadi jika anda akan travelling ke Mesir lebih baik pada musim dingin atau musim semi. Karena saat musim panas, matahari cenderung tidak bersahabat dengan kulit kita. Kalau orang-orang Eropa sih suka liburannya saat summer, maklum aja mereka terobsesi dengan kulit coklat yang eksotis. Lha kalau kita orang Indonesia? Bisa gosong... hehehe...

2. Makanan

Jika anda tidak cukup mudah menyesuaikan diri dengan makanan Mesir yang berupa roti-rotian, juga bumbunya yang bikin lidah Indonesia kita jadi terganggu, anda tidak perlu khawatir. Di Mesir terutama di Kairo, anda akan menemukan banyak warung-warung Indonesia. Mau soto kudus, soto betawi, masakan ala warung Padang, bakso, mie ayam, tempe & ayam penyet dan kuliner Indonesia lainnya semuanya ada. Warung-warung itu tempatnya ada di kawasan distrik 10 (Hay Asyir). Di kawasan inilah orang-orang Indonesia terutama mahasiswa banyak bermukim. Kalau ingin dekat dengan tempat ini, hotel atau wisma yang di kelola oleh kelompok kekeluargaan mahasiswa juga ada dengan harga sewa yang relatif murah.

Tapi nggak ada salahnya juga anda coba Tho'miyah dengan roti Isyh, ini makanan khas Mesir yang berkalori tinggi. Jadi dijamin perut anda kenyang  seharian hanya dengan menyantap 3 porsi hehehe... harganya juga murah, hanya sekitar 3 LE (Rp. 4.500) saja anda sudah mendapatkan menu sehat penuh gizi.  Atau Nasi Mandi, makanan khas Yaman dengan ayam atau daging kambing. Yang terakhir ini bikin saya ketagihan loh...





Kalau anda juga terbiasa dengan makan mie instant, nggak usah bawa dari Indonesia. Di Mesir sudah tersedia di baqala atau warung dan supermarket, dari mie kuah, mie goreng bahkan pop mie. Tinggal seduh dengan air panas kan? hmmm... praktis. Harganya juga hanya 1,5 LE (Rp. 2.250).

3. Transportasi

Jangan khawatir soal transportasi ada banyak moda transportasi terutama di Kairo, walaupun angkutan umum di Kairo tidak lebih baik dari di Jakarta.

  • Taxi, tarif taxi di Mesir tidak terlalu mahal, walaupun kadang-kadang sopir taxi di Mesir agak "nakal" dengan memainkan argonya. Angka kejahatan dengan taxi cukup marak setelah revolusi awal tahun 2011 lalu. Jadi harus selektif memilih taxi, agar anda terhindar dari kejahatan. Tidak ada tips khusus dalam memilih taxi tapi sebaiknya naiklah taxi yang berwarna putih.
  • Metro, ini adalah moda transportasi paling populer bagi masyarakat Kairo. Mirip KRL di Jakarta dan harga tiketnya hanya 1 LE (Rp. 1800). Ketepatan waktunya cukup bisa diandalkan. Namun saran saya, jangan bepergian sendiri tanpa guide jika menggunakan metro. Jangan samakan metro di Kairo dengan subway di Singapura, Kuala Lumpur, Istanbul atau negara-negara maju lainnya yang sistemnya terintegrasi dengan baik sehingga wisatawan yang baru berkunjung pun dijamin tidak tersesat.

  • Bus, ini juga angkutan umum yang paling membingungkan menurut saya hehehe... saya aja mungkin hanya beberapa kali mencobanya. Itupun dipandu oleh mahasiswa yang sudah bertahun-tahun tinggal  di Kairo.
  • Rent Car, nahhh... ini dia moda transportasi paling aman. Jika anda menginap dikawasan Hay Asyir, tanyakan pada mahasiswa yang tinggal di sana dimana tempat menyewa mobil, sekaligus minta mereka jadi guidenya. Yang punya usaha penyewaan mobil biasanya juga mahasiswa Indonesia, biasanya sih per harinya 300-an LE. Tapi jika anda menginap di hotel berbintang di tengah kota, tanyakan pada pihak resepsionis karena mereka biasanya punya link dengan Car Rental. Lebih mahal sih yang jelas, tapi kita akan lebih aman.
4. Perbedaan Waktu

Ini juga akan menimbulkan masalah, karena beda waktu Mesir dan Indonesia sekitar 5 jam. Jika anda tidak punya waktu lama travelling di Mesir, maka usahakan istirahat dan tidur yang cukup di dalam pesawat. Mungkin penerbangan kurang lebih 11 jam cukup untuk waktu tidur anda. Jangan sampai selama liburan di Mesir, jetlag menjadi masalah untuk jadwal liburan anda.

Nah, itu dia 4 hal yang perlu mendapat perhatian jika akan merencanakan liburan di Mesir. Lain kali, saya akan tuliskan estimasi biaya dan beberapa tempat yang wajib di kunjungi selama di Mesir.

Selamat berlibur.....



Advertisement

47 comments:

Risablogedia said...

waah pengen liburan ke mesir ...
kapan yaa?
mbak elis di kairo sampe kapan hihi *soknanyadotcom

Ellys Utami said...

Ayoooo... mbak Risa, nanti aku guide deh... hehehehe
Mudah2an lama di sini mbak, abis betah banget sih *ngarep :D

Thanks udah mampir ya mbak ;)

Anonymous said...

Mbk ellys masih dimesirkah sekarang...? Ak pengen belajar bahasa arab sebulanan gtu disana.lbh enak dimana ya mbk kairo atau alexandria yah kotanya...skalian pengen curi2 waktu buat jjs : ))

Ellys Utami said...

Iya saya masih di Mesir saat ini. 2 kota itu sama2 menarik, masing2 istimewa. Tapi kalau suka sejarah, sebaiknya di Kairo saja. Kairo itu lebih luas dan banyak yang bisa dipelajari di sini.

Boleh tau namanya...? :)

Anonymous said...

Saya diyah mbk ellys...salam kenal yaa : ) btw kl boleh tau mbk skg dimesir apa kegiatannya,ikut suami ato kuliah gtu..ak pngen bget mbk kursus singkat bhs arab,bc Al Quran dsb ke mesir.kmrin smpet bk web 'languageinternational' soal kursus bhs arab tp krn ga da kenalan sm skali disna jd maju mundur deh mbk niatnya.mbk ellys barangkali da info soal ini tlong dishare ya mbk...thanks ya mbk sblume : D

Ellys Utami said...

Mbak Diyah, kebetulan saya ikut suami. Sudah hampir 2 tahun di sini. Iya deh nanti kalo ada info saya kabari. Kirim alamat emailnya ke email saya ya mbak.. ellys.utami@gmail.com atau inbox ke facebook saya Ellys Purwandari.

Anonymous said...

Ok mbk ellys makasih banyak ya mbk...nti ak krim emailku ke mbk

Asep Haryono said...

Wah MEsir ya? Saya taunya dalam film Ayat Ayat cinta aja sih heihieiee. Terima kasih sudah berbagi informasi dan cerita indah ini. Hmmm kapan ya ke Mesir. Kapan donk

Ellys Utami said...

Saya juga dulu taunya di film KCB pak Asep... Eh malah kesampaian tinggal di sini. Nggak nyangka juga bisa lama tinggal di Mesir.

Kabari saya ya pak kalo mampir ke Mesir :)

tiaratrw said...

keren bgt kak:) aku tergila2 bgt sama mesir, kairo,plus mitologi2nya. aku pengen bikin cerita ttg egypt tp masih research. kalo komunikasi sm penduduk asli, kakak make bahasa arab atau inggris? :) trmksh sblmnya:)

Ellys Utami said...

Haiii Tiara.... Salam kenal ya :)
Banyak banget orang suka dg Mesir, aku sendiri jatuh cinta dengan negeri ini sejak membaca sejarahnya. Dan sejak pertama kali menginjakkan kaki di sini, rasa cinta itu semakin dalam.. Mesir adalah negeri keduaku.... Lha koq jadi curhat yah.... Hehehe..

Kalo komunikasi sama orang lokal pake bahasa Amiyah. Ini bahasa Arab gaul/sehari-hari, beda sama basaha Arab resmi (Fushah).

Makasih sudah mampir ke blogku ya Ti.... ;)

Abdul Ochit said...

assalamualaikum wrwb. salam kenal yaa,,nama saya rashid,,saya kebetulan tinggal di makkah sekrng,,saya cukup interest utk berkunjung ke egypt,, masalahnya apakah egypt sudh aman??? insya allah klau ada rezeki bisa ke sana abizs ramadhan ,,thnks

Ellys Utami said...

Wa'alaikum salam wr.wb. Salam kenal kembali mas Rashid...

Mesir insyaallah aman sampai saat ini. Kalau ada demonstrasi itu hanya diseputaran Tahrir saja.

Mudah2an keinginan mas Rashid untuk berkunjung ke Mesir bisa terwujud sesuai rencana aamiiinn...

Ala.

tiaratri said...

iya kak hehe:D oh gitu, terimakasih infonya;) semoga suatu saat bisa kesana:D

Fernanda said...

Makasih infonya bu ellys , saya ada rencana liburan ke Cairo dg adanya info ini saya bisa menentukan kapan waktu terbaik melakukan perjalanan.

Fernanda said...

Makasih infonya bu ellys , saya ada rencana liburan ke Cairo dg adanya info ini saya bisa menentukan kapan waktu terbaik melakukan perjalanan.

Ellys Utami said...

Sama2 mas Fernanda... terima kasih juga sudah singgah ke blog saya :D

christian said...

Mbak klu ke mesir bisa menggunakan visa undangan atau ga? Dan brp ya biaya nya

Ellys Utami said...

Mas Christian... iya pake calling visa, nanti setelah sampai Mesir beli visa on arrival 15 USD. Calling visa biasanya sekitar 300 ribu rupiah.. tergantung agen yang ngurus. Kalau mau urus sendiri di embassy mungkin bisa lebih murah...

bella belle said...

Saya berencana mau ke turki bulan juli ini, pesawat transit di kairo. Karena ini pertama kali di mesir jadi tanggung kalo gak jalan2 sekalian. Kira2 bksa jadi guide gak ya? Hehehe. Thank you.

Ellys Utami said...

Waahhh sayangnya Juli saya malah liburan ke Indonesia mbak hehehe..
Bulan Juli-Agustus di Mesir, puncaknya musim panas... :D

Kalau mau guide, banyak mahasiswa yang bersedia tuh mbak.. ;)

Anonymous said...

Mbak, ada contact no mahasiswa yang bisa jadi guide wisata ziarah ke makam ulama2 ??

Rendot Si ndot said...

Asalamualaikum...
Cerita nya bagus,jadi kangen ama abg yang lagi belajar di mesir..syukron

Rendot Si ndot said...

Asalamualaikum...
Cerita nya bagus,jadi kangen ama abg yang lagi belajar di mesir..syukron

Herry Pottan said...

Assalamu'alaikum.
Makasi ya mba info nya.
Mmbaca cerita nya klo july-agstus puncaknya musim panas agak ngeri juga ya mba.hehe
Krna insya Allah bulan segitu saya mau ke sana, berarti siap2 ikhtiar nya di kuatin aja nih di bulan puasa.hhihi

Ellys Utami said...

Iya puasanya kurang lebih 16 jam-an. Musim panas di sini benar-benar kering nggak ada sejuk-sejuknya sama sekali hehehe..

marfusura said...

AssWrWb Izayik, Mba Ellys Utami? Alhamdulillah bulan Desember 2014 saya berkunjung ke Cairo. Subhanallah Mba apa yang mba ceritakan dalam blog ini bukan hanya cerita sungguh luarbiasa dari sejarah sampai seni dan budaya mesir saya benar-benar betah. Saya banyak ziarah dari makan Cucu Rosul kita Nabi Muhammad SAW, Nabi Harun sampai napak tilas Sejarah Penjalanan Nabi Musa Gunung Ninai (St Caterine) di Sinai, Dahab, Sharm el sheikh, Alexandria (Makam Nabi Daniel), Manshuro pokoknya dan Tanta (El Badawi) seluruhnya saya kunjungi. kekurangan dan kelebihan setiap negara pasti ada. yang menarik saya adalah perihal yang mengunakan Transportasi umum dimana para penumpang dalam membayar ongkos dengan estapet dari penumpang belakang ke penumpang paling depan yang terdekat dengan sopir. Ingsya Allah Bulan Desember 2015 saya ada rencana ke mesir lagi, semoga bisa bertemu dengan Mba. Terima kasih Mba Ellys Utami. Wassalam

marfusura said...

AssWrWb Izayik, Mba Ellys Utami? Alhamdulillah bulan Desember 2014 saya berkunjung ke Cairo. Subhanallah Mba apa yang mba ceritakan dalam blog ini bukan hanya cerita sungguh luarbiasa dari sejarah sampai seni dan budaya mesir saya benar-benar betah. Saya banyak ziarah dari makan Cucu Rosul kita Nabi Muhammad SAW, Nabi Harun sampai napak tilas Sejarah Penjalanan Nabi Musa Gunung Ninai (St Caterine) di Sinai, Dahab, Sharm el sheikh, Alexandria (Makam Nabi Daniel), Manshuro pokoknya dan Tanta (El Badawi) seluruhnya saya kunjungi. kekurangan dan kelebihan setiap negara pasti ada. yang menarik saya adalah perihal yang mengunakan Transportasi umum dimana para penumpang dalam membayar ongkos dengan estapet dari penumpang belakang ke penumpang paling depan yang terdekat dengan sopir. Ingsya Allah Bulan Desember 2015 saya ada rencana ke mesir lagi, semoga bisa bertemu dengan Mba. Terima kasih Mba Ellys Utami. Wassalam

Ellys Utami said...

Wa'alaikum salaam mbak Marfusura.... Alhamdulillah kuwayisah ukhti.
Aiihhh... senangnya sudah keliling Mesir. Sudah mencicipi macetnya Kairo, menikmati indahnya bangunan-bangunan tua, dan menziarahi tempat-tempat bersejarah. Yang semuanya itu bikin kangen dan membuat mbak ingin kembali kan.. hehehe..

Semoga atas izin Allah, lain kesempatan ya kita bisa ketemu...

It's All About Attitude said...

Mba Ellys, saya berencana ke mesir juga thn 2017...tapi kita berdua cewek biasanya backpackeran kemana2...oia saya sdh add fb nya, saya artha uly nainggolan...Mohon di approve mba...terimakasih

Ellys Utami said...

Hai Mbak Artha... Terima kasih sudah mampir ke blog Ini. Sudah saya approved FBnya. Salam kenal..

Anonymous said...

Suami ku sekarang di mesir mba. Apakah sedang musim dingin sekarang ?
-zahra-

Luai Ihsani Fahmi said...

Assalamualaikum mbak Ellys salam kenal :) saya Luai. Saya berencana bulan januari akhir akan ke Kairo. Boleh tahu apa yang sebaiknya saya persiapkan lebih awal seperti visa, paspor, dll?karna saya belum pernah ke luar negri sebelumnya dan ini menjadi pengalaman pertama saya ^__^

Ellys Utami said...

Hai mbak Zahra... Musim dingin baru mulai biasanya akhir Nopember. Saat ini masih peralihan dari musim panas ke dingin. Jadi suhu udara berkisar antara 28-35 derajat celcius.

Koq nggak ikut sekalian ke Mesir? Ayo mbak ke sini biar ketemuan sama saya hehehe...

Ellys Utami said...

Wa'alaikum salaam mbak Luai, salam kenal kembali.... Terima kasih sudah mampir ke blog saya.

Sebelum berangkat ke luar negeri...sebaiknya mbak Luai mengurus paspor terlebih dahulu. Urus paspor bisa online sekarang lho, jadi lebih mudah dan cepat. Setelah paspor selesai baru urus visa ke kedutaan Mesir di Jakarta. Atau kalau ingin lebih simple, ngurus visa lewat travel agent. Mungkin sekitar 400-500 ribu rupiah kalo nggak salah. Pemerintah Mesir belakangan agak ketat soal visa ini... Mungkin karena suhu politik yang belum sepenuhnya stabil. Ehmmm.. kalo boleh tau, ke Mesir ini dalam rangka traveling atau kuliah mbak?

Untuk hal lain yang perlu dipersiapkan, karena mbak Luai ke Mesir bulan Januari, bertepatan dengan musim dingin. Maka sebaiknya bawa baju tebal atau jaket. Dibandingkan Eropa, Mesir relatif hangat. Puncak musim dingin suhu paling dingin sekitar 7-5 derajat celcius. Nggak ada salju. Jadi cukup jaket tebal dan atribut seperlunya.

Terus, sebelum berangkat sebaiknya booking hotel/penginapan dulu. Penginapan yang dikelola mahasiswa biasanya menyediakan fasilitas jemput di bandara. Jadi cukup memudahkan mbak Luai ketika sampai di Kairo. Soalnya taxi bandara suka pasang tarif semaunyat, apalagi kalau nggak bisa bahasa Arab.

Sementara itu dulu infonya mbak Luai.. semoga bermanfaat. Kalau ada yang ditanyakan lagi, silahkan. Saya akan dengan senang hati menjawabnya.. Salam -Ellys-

Luai Ihsani Fahmi said...

Terima kasih mbak Ellys infonya :)

Saya kesana karena ada sahabat saya yang kuliah disana dan sebelum ia pulang ke Indonesia saya ingin kesana terlebih dahulu karena dia teman terdekat saya sejak awal duduk di bangku sekolah dasar. :)

Bagaimana mbak?

Gibran Hawwari said...

Setelah membaca tulisan ini, saya sangat tertarik ingin berkunjung ke Mesir. Apalagi katanya banyak mahasiswa di Indonesia yang kuliah disana yaa?
Kota-kota di Mesir yang bagus buat dikunjungi apa aja?
Semoga suatu saat bisa berkunjung ke negara ini alih-alih ke Eropa.
:v

Luai Ihsani Fahmi said...

Travelling mbak, kawan dekat saya sejak SD dulu dia kuliah di sana, Al Azhar Cairo. Sebelum dia lulus nanti saya ingin kesana terlebih dahulu :)
Bagaimana mbak?

Zoom BoX said...

Mbk bisa minta emailnya ^^...mw nanya2 soal mesir

taufik said...

Bagus bgt jadi mau lihat Piramida dari dekat, ngomong ngomong KRL sponsornya Indomie yah mba

Ellys Utami said...

Indomie di sini jadi makanan favorit orang Mesir mas.. Juga favorit orang2 Indonesia di sini tentunya hehehe... Ada pabriknya juga koq.

Ayo mas Taufik.. lihat Piramid dari dekat. Kalo tau aslinya pasti takjub..

Melinda Hardi said...

alhamdulillah

Anonymous said...

Thks ulasan ttg Mesir mbak, in syaa Allah April kami singgah di Kairo kira2 musim apa dan suhu brp drjt mbak, syukran

Arina amalia prihartini said...
This comment has been removed by the author.
iyahyuktravelling said...

Terimakasih ulasan tentang Mesir nya mbak. Salam kenal. Maaf mau tanya. Kalo bikin visa turis ke mesir yang 15 hari aja itu gimana caranya ya mbak? Saya tinggal diluar Jakarta.

Dewi naoli said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

ops said...

salam kenal ..sy lukman pengin kemesir bulan pebruari mohon info kondisi cuaca bulan pebruari gimana ya????











Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy