Feb 13, 2013

Advertisement

Jangan Pernah Takut Bermimpi

Advertisement




girlguiding.org.uk





Mimpi umumnya diartikan sebagai bunga tidur. Semua orang tentu pernah mengalami  mimpi dalam tidurnya, entah itu mimpi indah ataupun mimpi buruk. Definisi mimpi dalam kamus bahasa Indonesia adalah sesuatu yang terlihat dan dialami dalam tidur.

Dalam beberapa teori psikologi, mimpi diartikan sebagai penghubung antara kondisi bangun dan tidur yang bisa jadi merupakan ekspresi yang terdistorsi atau keinginan yang tidak terungkap saat terjaga. Suatu saat suami saya bercerita bahwa beberapa kali dia bermimpi tubuhnya melayang, lalu apakah ini adalah keinginannya yang tidak terungkap? Atau ini hanya imajinasinya saja? Saya juga tidak paham tentang ini.

Mimpi dalam kamus bahasa Indonesia juga bisa diartikan sebagai angan-angan. Ada pepatah bijak yang mengatakan "Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu". Dan saya pribadi menganggap bahwa mimpi itu adalah sebuah do'a yang terucap dengan lisan ataupun hanya dalam hati. Beberapa kali saya membuktikan bahwa mimpi itu adalah sebuah do'a. Seolah Tuhan mencatat mimpi kita lalu mewujudkannya suatu saat.

Mungkin tak terbayang di benak saya yang menghabiskan masa kecil di sebuah desa di ujung timur pulau Jawa bisa melintasi beberapa negara bahkan tinggal di negeri orang seperti sekarang. Namun saya masih bisa mengingat, saya pernah berangan-angan bisa naik pesawat, karena seringkali saya melihat pesawat melintas di atas langit desa. Lalu ingin pergi ke Jakarta karena melihat tayangan tentang ibukota negara itu di televisi adalah kota yang mengagumkan dengan gedung-gedung tinggi yang tentu saja tidak pernah saya lihat di desa tempat saya tinggal.

Dan entah kenapa waktu saya kecil dulu begitu ingin melihat pulau Sumatera bahkan sampai sekarang saya tak pernah menemukan alasannya. Pergi ke luar negeri? Sebuah mimpi yang mungkin terdengar mengada-ada jika saya utarakan pada kedua orang tua saya dulu. Rasanya untuk anak kecil yang tinggal di desa, mimpi itu terlalu tinggi saat itu. Atau bahkan mimpi saya terlalu  "ndeso" buat sebagian orang. Tapi namanya saja angan-angan, setiap orang bebas berangan-angan kan?

Angan-angan tinggi yang rasanya tak terjangkau kemudian menjadi kenyataan. Wah! Rasanya saya pun menjadi saksi keajaiban mimpi itu. Satu persatu mimpi masa kecil saya seolah dihamparkan di depan mata. Mulai dari melihat Jakarta, naik pesawat, pergi ke Sumatera dan pergi ke luar negeri. Bahkan Jakarta, naik pesawat, Sumatera lebih dari yang saya impikan. Melihat Jakarta beberapa kali, naik pesawat mungkin hampir tak terhitung bahkan Sumatera saya pernah tinggal di pulau itu selama hampir 10 tahun. Lalu pergi ke luar negeri juga lebih dari yang saya impikan. Mimpi yang dulu sepertinya tidak mungkin menjadi nyata tanpa saya duga.

Mesir, juga bagian dari mimpi saya walaupun bukan mimpi masa kecil. Mimpi yang tiba-tiba saja muncul saat saya membaca sebuah buku sejarah. Yang terpikir dalam benak saya saat itu, betapa menariknya Mesir dimana sejarah dunia banyak berawal dari sana. Bangunan-bangunan tua, tempat-tempat bersejarah Islam membuat Mesir ada di dalam daftar mimpi saya. Dua novel kang Abiek yang berlatar belakang Mesir membuat mimpi saya kian menggebu ingin melihat negeri itu. Dan saya sungguh tak menduga ketika suami ditugaskan di Kairo dari perusahaan tempatnya bekerja. Subhanallah... satu lagi mimpi saya yang jadi kenyataan.

Dan kini, saya tak lagi ragu untuk bermimpi. Karena saya yakin mimpi, angan-angan dan cita-cita itu adalah do'a. Lalu ketika anak saya mengatakan pada saya, bahwa kalau besar ingin sekolah ke Inggris. Saya yakinkan padanya, sangat boleh. Dan anak satu lagi berkata bahwa dia ingin ke Perancis. Ohhh.. why not?? Saya katakan padanya, "Suatu saat mimpimu itu bisa terwujud, entah dengan cara apa Tuhan pasti mewujudkannya nanti. " Saya pikir itu juga semacam motivasi untuk mereka, motivasi untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka dengan usaha keras dalam belajar. Karena mimpi saja belum cukup tanpa usaha.


Jadi jangan pernah takut untuk bermimpi dan jangan pernah remehkan mimpi karena mimpi adalah do'a.

Advertisement

2 comments:

Agnes Tri Agustin said...

wah makasih motivasinya, seneng deh liatliat blog ini :)

Ellys Utami said...

Salam kenal mbak Agnes... Alhamdulillah jika tulisan ini bisa memotivasi.

Terima kasih sudah bersedia membaca blog saya :)

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy