Jun 30, 2015

Advertisement

Menikmati Begadang Bareng Orang Mesir

Advertisement


Awal-awal pindah ke Kairo saya cukup kaget dengan kebiasaan ini. Tapi lama kelamaan maklum juga. Bahkan saya cenderung menikmatinya. Seneng juga karena hypermarket, mall, cafe, warung makan buka sampai lewat tengah malam. Karena, di Indonesia saya nyaris tak pernah melakukannya. Selain toko, mall, cafe tutupnya tidak lebih dari jam 11 malam, jam 21.30 saja mata saya sudah enggan diajak kompromi hehe..

Di Kairo, begadang sampai pagi bukan hal aneh bahkan sudah jadi semacam gaya hidup orang di sini. Menurut cerita suami yang pernah tinggal di Libya, orang Libya pun punya kebiasaan yang sama. Mungkin menjadi kebiasaan hampir semua orang-orang Arab saya rasa. Terutama pada musim panas. Karena waktu malam menjadi terasa pendek. Matahari baru terbenam pada pukul 19,00 sedangkan kembali terbit pada pukul 04.00. 

Kalau Ramadhan bertepatan dengan musim panas seperti sekarang, maka kehidupan malam dimulai usai tarawih, Tarawih baru selesai rata-rata pukul 22.30 membuat waktu malam makin terasa amat cepat.

Umumnya cafe memang ramai setelah tarawih. Keramaian jalan sepertinya pindah ke cafe. Dari cafe kelas mall sampai cafe-cafe jalanan nyaris tidak ada yang sepi. Sebaliknya, jalan raya mendadak lengang, seneng juga sih kalau Kairo begini karena nggak stress kena macet. Dari mulai anak-anak sampai kakek-kakek, ibu-ibu sampai bapak-bapak nggak ada yang ketinggalan menikmati acara begadang sampai sahur ini.

Alhasil, pagi hari Kairo jadi seperti kota mati apalagi kalau weekend. Aktifitas paling pagi dimulai pukul 9 terutama bagi para pekerja kantoran. Toko-toko dan mall kebanyakan buka setelah dzuhur. Anak-anak sekolahan bisa tidur sepuasnya karena sekolah-sekolah Mesir libur 1 bulan sebelum bulan puasa sampai biasanya setelah Idul Adha. Total liburnya sekitar 4 bulan. Wow!

Begadang memang bukan kebiasaan yang bagus kata Bang Haji (baca: Rhoma Irama). Tapi bolehlah buat yang tinggal di Mesir seperti saya ya Bang? hehehe...

Bisa jadi hal ini nanti akan menjadi sesuatu yang paling saya rindukan dari Kairo ketika saya tidak lagi berada di kota ini. Selain tempat-tempat bersejarahnya, dan obyek foto eksotisnya. Juga kebiasaan orang-orangnya termasuk kebiasaan cangkrukan sampai pagi yang tak akan saya temukan di Indonesia. Mau coba???

_______
Dibawah ini adalah rekaman gambar suasana kehidupan malam diseputar kawasan Hussein dan Khan Khalili

Bapak-bapak cangkruk sambil nyisha

Cafe-cafe di kawasan Khan Khalili . Hampir seluruh kursi tersisi

Dipilihh..dipilih.... harga murah dijamin :D

Yang nggak mau ngopi cangkruk juga boleh koq (suasana di depan masjid Hussein)

Advertisement

3 comments:

Putri Devina said...

keadaan malam nya juga aktif yaa ramai sekali :)

Ellys Utami said...

Sampai jam 3 dinihari masih ramai seperti itu bahkan lebih ramai hehehe..

Alwin Iswanto Lase said...

Mantap teman. Pengen kesana kapan kapan.
Bergadang sehat harus di usahakan. Terimakasih

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy