Apr 29, 2012

Advertisement

Prepare Liburan ala Backpacker ke Istanbul Turki

Advertisement


Istanbul City Map (istanbul.hotelle.com)




Berlibur memang menyenangkan, apalagi berlibur bersama keluarga. Saya termasuk orang yang suka dengan kegiatan travelling. Kemana saja tidak masalah, yang penting liburan. Tujuannya ya melepas penat serta untuk refreshing dari rutinitas kerja. Travelling juga akan menambah wawasan jika kebetulan kunjungannya ke tempat-tempat bersejarah. Dan saat ini adalah saat yang tepat untuk merencanakan liburan, karena masa-masa ujian sudah hampir selesai. Kebetulan 2 anak saya sedang berada di kelas ujian yaitu kelas 6 SD dan 3 SMP. Dan yang SMP baru saja menyelesaikan Ujian Nasional minggu lalu. Tinggal menunggu Ujian Nasional untuk yang kelas 6 SD awal Mei nanti.

Kali ini kami merencanakan untuk ke Turki. Karena saat ini kami berdomisili di Kairo, maka Turki adalah pilihan destinasi liburan yang cukup terjangkau. Selain tidak perlu mengurus visa di kedutaan terlebih dahulu, karena Turki adalah negara yang memberlakukan Visa On Arrival untuk paspor Indonesia. Turki merupakan negara yang cukup dekat dengan Mesir, hanya kurang lebih 2 jam dengan pesawat. 

Turki merupakan negara yang unik dan menarik untuk di kunjungi. Satu-satunya negara yang berada di 2 benua sekaligus, yaitu benua Eropa dan Asia (Euroasia) yang membentang dari semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya sampai wilayah Balkan di Eropa Tenggara. Laut Marmara adalah batas antara Turki bagian Asia dengan Turki bagian Eropa. Ibukota Turki adalah Ankara, namun kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Ini disebabkan karena Istanbul berada di lokasi yang strategis yaitu di persilangan 2 benua. Budaya Turki merupakan perpaduan budaya Barat dan Timur.

Biasanya saat akan melakukan travelling kami akan mencari sebanyak mungkin informasi tentang kota, negara atau daerah yang akan kami kunjungi. Ini wajib, jangan sampai saat berada di tempat tujuan kita bingung kemana kita akan berkunjung sehingga waktu tidak bisa efektif. Pergi tanpa ikut rombongan tour travel akan sedikit menghemat biaya jika kita pergi dengan keluarga. Karena dalam paket sebuah tour dihitung per kepala. Sedangkan jika kita pergi sendiri, untuk hotel bisa menyewa hanya 1 kamar saja tanpa hitungan per/person. Selain itu jika dalam tour travel perjalanan sudah terjadwal maka setiap kunjungan ke tempat wisata sudah dalam perencanaan waktu mereka. Maka kalau kita pergi sendiri, akan lebih leluasa pergi ke suatu tempat tanpa dibatasi waktu. 

Beberapa hal yang kami siapkan untuk family travelling ke Turky kali ini adalah sebagai berikut :

1. Planning
    
Membaca buku dan browsing di Internet tentang tempat tujuan akan membantu kita memahami seluk beluk kota serta tempat-tempat menarik. Jadi akan memudahkan kami untuk merencakan ke mana saja kami akan berkunjung. Bulan Mei adalah saat yang tepat untuk berlibur ke Turki, karena suhu udara di sana masih tergolong sejuk yaitu sekitar 20 derajat celcius. Selain itu belum masuk peak season, karena peak season biasanya pada musim panas sekitar Juni-Agustus. Beberapa hotel mungkin tarifnya akan sedikit mahal dari biasanya, juga akan susah mencari hotel yang available. 

Bangunan-bangunan berasitektur menawan cukup banyak terdapat di Turki. Dan itu adalah salah satu daya tarik wisata Turki. Tempat yang cukup populer dan wajib untuk dikunjungi di antaranya:
  • Blue Mosque, 
  • Haghia Sophia, 
  • Topkapi Palace, 
  • Grand Bazaar, dan 
  • Taksim Square yang merupakan jantung kota Istanbul. 
  • Bosporus Cruise
  • Hypodrome
Kebetulan saya sudah memiliki peta kota Istanbul, yang kebetulan memperolehnya saat International Day di sekolah Faiz, Maret lalu. Jadi lumayan untuk mempelajari seluk beluk kota. 



2. Tiket Pesawat 

Karena sejak awal kami berencana travelling ke Turki, maka sebulan sebelum keberangkatan kami sudah hunting tiket pesawat dan hotel. Rencananya kami akan berangkat sekitar pertengahan Mei, tanggal 15 sampai 19 Mei. Dan saat saya posting tulisan ini kami sudah mengantongi tiket Turkish Airline Cairo-Istanbul return seharga 3100 EGP (Rp. 4.650.000) untuk dewasa dan 2.600 EGP (Rp. 3.900.000) untuk anak-anak.

Mencari tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan akan sangat menguntungkan terutama untuk bepergian bersama keluarga dengan anggota yang cukup banyak seperti saya. Tapi, untuk tiket ini kebetulan kami dapat fasilitas dari kantor tempat kerja suami, gratis. hehehehe...


3. Hotel


Hotel juga sudah kami persiapkan beberapa alternatifnya. Kami memilih hotel yang berada di kawasan Sultanahmet. Alasannya karena di kawasan ini ada beberapa tempat yang akan menjadi kunjungan utama kami nanti diantaranya Blue Mosque, Haghia Sophia, dan Topkapi palace. Tarif hotel sangat beragam, dari mulai puluhan US $ sampai yang ratusan. Dari mulai penginapan sampai hotel bintang 5 mewah tinggal pilih saja. Tapi kalau memilih guest house atau apartemen letaknya agak jauh dari pusat kota, namun harganya cukup murah, cocok untuk backpackeran sendiri atau dengan beberapa teman. Namun untuk keluarga, saya pikir akan lebih baik memilih hotel yang dekat dengan sarana transportasi dan tempat-tempat wisata. Kami  memilih penginapan di daerah Sultanahmet, Old City.


Ini beberapa link yang akan membantu anda untuk menemukan hotel atau tempat menginap di Istanbul :


Atau bisa dengan membeli voucher hotel di travel terdekat di kota tempat anda tinggal. Ini sangat membantu karena biasanya membeli voucher hotel harganya cukup murah dibandingkan dengan langsung datang ke hotel (walk in guest)

Merencakanan sesuatu dengan matang penting kita lakukan jika akan melakukan family travelling. 3 poin diatas adalah hal-hal yang biasa kami persiapkan sebelum pergi. Nah, tunggu saja liputan saya setelah mengunjungi negeri 2 benua, Turki bulan Mei nanti. 


Have a Nice Trip....

Advertisement

8 comments:

lindu aji said...

nice share,,
jadi pengen ke turki..
btw berpa ya tiketnya ke turki paling murah??
http://hatyaitrip2012.blogspot.com

Ellys Utami said...

Waktu itu saya pergi dari Cairo mas Lindu Aji... Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo tiket ke Turki. Coba aja cari Turkish Air atau Emirates... mungkin kalau ada Garuda Indonesia harganya juga nggak mahal. Kira-kira kalau harga promo sekitar 5-6 jutaan rupiah PP.

Makasih sudah mampir ke blog saya ya.... :)

Traveler Family said...

Waaa.... mahal juga pesawat dari Kairo ya, Mbak. Coba ke Maroko juga, Mbak. Gak perlu visa dan biaya akomodasi lebih murah dibanding Turki. Tapi kudu ati2 juga. Banyak scammer.. :)

ira

Ellys Utami said...

Maroko ya...? Emang pengen banget ke sana tuh mbak Ira.. Bukannya VOA jg kayak di Turki? Dalam waktu dekat insyaallah mau ke Jordan mbak... Nyari yang VOA aja dulu. Kapan2 mau juga keliling Eropa.. Amiinnnn mudah2an keturutan :)

Anonymous said...

Maroko bebas visa kok, Mbak. Tahun lalu kami minta tolong mahasiswa disana untuk jadi guide. Karena kami gak bisa bahasa Arab. Kalau Eropa enaknya pakai visa Schengen. Sekali pergi bisa dapat bbrp negara. Kabar2i klo ke Eropa, ya... ira

Ellys Utami said...

Oh iya ya... siplah... Maroko the next destination ^^

Kalo dari Mesir ngurus visa schengen kata suami sekitar sebulan gitu.. kalo nanti kami ke Jerman jadi punya tempat mampir ya mbak... asyiikk :D

Lisa Tjut Ali said...

insyaallah saya tanggal 11 ini ke turki, mbak ellys tempat apa aja yang menarik disana selain yang diatas?

Turki said...

mbak ada yang bilang nyari tempat nginep pakai air bnb, rekomended ngga ya? mohon infonya ya.. tahun ini mau ke turki soalnya..

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy