Apr 30, 2012

Advertisement

Tips Merencanakan Liburan Keluarga

Advertisement




Asiiiikkkkk.... Liburan sebentar lagi. Masa liburan biasanya saat anak-anak sekolah selesai menjalani ujian mereka. Dan travelling adalah salah satu cara untuk merefresh atau menyegarkan pikiran dari rutinitas harian. Para ayah sudah saatnya mengambil cuti dari kantor untuk menemani anak-anak berlibur. 

Buat sebagian orang,  berlibur mungkin membuat mereka berpikir berkali-kali lipat untuk melakukannya. Alasan dana adalah salah satunya. Padahal travelling tidak harus mengeluarkan biaya besar. Travelling bukan hanya ke luar negeri atau ke luar kota. Dalam kota asal tempatnya menarik bisa kita jadikan tempat liburan yang menyenangkan. Berkemah, jalan-jalan ke hutan kota, ke danau asal jangan ke mall aja hehehe... kalau yang ini pasti butuh banyak duit karena lapar mata. Tapi jika liburan dalam kota adalah kegiatan liburan rutin mingguan maka tidak ada salahnya merencanakan liburan ke luar kota atau ke luar negeri untuk liburan tahunan.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk berlibur bersama keluarga adalah sebagai berikut:

1. Dana (Budget)

Menjadikan liburan sebagai agenda tahunan keluarga tentu harus juga mempersiapkan dananya. Menyisihkan sebagian gaji setiap bulan adalah salah satu cara untuk mensiasati masalah dana atau budget. Jika kita sudah menyisihkan setiap bulan maka setelah 11 bulan, dana terkumpul. Nah, setelah ini baru kita rencanakan kemana kita pergi liburan sesuai budget kita.

2. Destinasi

Setelah kita hitung, maka tujuan liburan kita sesuaikan. Tapi bisa juga kita balik, artinya kita tentukan dulu kemana kita akan berlibur lalu menabung sesuai dengan tempat liburan yang kita inginkan. Ini akan sangat membantu jika kita akan berlibur ke luar kota atau ke luar negeri.

3. Waktu

Waktu liburan yang tepat akan sangat membantu untuk menghemat dana. Jika kita liburan pada saat peak season (mis: akhir tahun atau saat musim panas kalau di Luar Negeri) maka budget untuk tiket pesawat dan penginapan/hotel akan membengkak. Karena saat peak season, maskapai penerbangan dan hotel akan memberlakukan tarif yang lumayan tinggi dibandingkan hari biasa.

4. Transportasi

Memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi berlibur mungkin tidak terlalu menimbulkan masalah, jadi persiapannya bisa beberapa hari menjelang keberangkatan. Namun jika akan berlibur menggunakan moda transportasi yang butuh untuk dibooking maka segera lakukan secepatnya. Lebih cepat lebih baik minimal 2 minggu sebelum keberangkatan jika ingin dapat tiket dengan harga yang murah. Maskapai penerbangan Garuda Indonesia biasanya memberikan tiket dengan harga promo pada saat tertentu atau 14 hari sebelum keberangkatan, manfaatkan dengan baik. Dan rajin-rajin melihat websitenya serta mengecek harganya.

5. Penginapan/Hotel

Ini hal yang harus dipastikan, apakah kita akan menginap di tempat saudara atau akan menyewa hotel. Jika akan menyewa hotel, booking beberapa hari sebelum berangkat. Lewat website atau beli voucher hotelnya lewat travel.


5. Tempat yang Akan Dikunjungi

Mendiskusikan tempat mana saja yang akan di kunjungi adalah hal yang jangan sampai terabaikan. Agar waktu dapat kita manfaatkan dengan baik, efektif dan efisien. Tentukan tempat mana saja yang akan kita kunjungi nanti beserta kendaraan yang akan digunakan, misalnya menggunakan taxi atau bus kota. Lalu mencari informasi tentang harga tiket masuk ke tempat wisata yang akan kita kunjungi nanti. 

Jika kita pergi bersama keluarga dengan jumlah lebih dari 3 orang, naik taxi saya rasa lebih hemat dibandingkan naik bus kota atau kereta yang tarifnya per orang. 

6. Packing

Pastikan semua pakaian sudah disiapkan minimal 4 hari sebelum keberangkatan. Pakaian bawa secukupnya saja karena kita tidak dalam rangka fashion show di tempat liburan nanti hehehe....
Membawa pakaian yang bisa dipadu padankan akan lebih menghemat tempat dalam koper. Biasanya jika membawa anak-anak bekal pakaian ini agak lebih banyak dari orang tua karena mereka tentu akan merasa nggak nyaman jalan-jalan dengan pakaian yang sudah kena keringat.

Uppss!! jangan lupa bawa kamera, charger, dan tripodnya... ini penting untuk mengabadikan aktivitas liburan kita juga sekalian hunting foto kalau anda penggemar fotografi seperti saya hehehe...



Nah... setelah semua siap, taraaaaaa!!! Kita siap pergi liburan. Selamat berlibur ya....




Advertisement

2 comments:

Budi Tanudjaja said...

Artikel yang sangat menarik. Kunjungi juga blog saya di www.tjanbudi1028pru.blogspot.com. Thx

Ellys Utami said...

Terima kasih pak Budi.... segera meluncur ke TKP yaaa... :)

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy