Aug 5, 2012

Advertisement

Kebiasaan Orang Mesir yang Tak Biasa

Advertisement



Hidup nomaden ternyata punya banyak keuntungan walaupun awalnya cukup merepotkan. Memindahkan barang lalu menatanya di tempat yang baru, belum lagi masalah adaptasi bahasa yang juga butuh waktu terutama jika pindah ke luar dari Indonesia. Tapi sekalipun merepotkan dengan hidup berpindah-pindah seperti ini, saya bisa belajar banyak tentang kultur, budaya, dan kebiasaan masyarakat di mana saya tinggal yang tentu sangat berbeda dengan tempat tinggal sebelumnya. Selama menikah terhitung sudah 6 kali berpindah tempat, 2 kali pindah antar kota, 3 kali di 3 pulau berbeda di Indonesia dan saat ini di benua berbeda.

Tidak terasa sudah hampir setahun saya tinggal di Mesir, dan banyak hal yang saya pelajari selama di sini. Walaupun bahasa Arab 'Amiyah tak juga bisa saya kuasai, namun berinteraksi dengan orang-orangnya merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang menarik buat saya. 

Membandingkan karakter orang-orang Mesir dengan karakter orang Indonesia tentu sangat berbeda. Walaupun penilaiannya hanya bersifat umum, bukan personal. Misalnya saja orang Indonesia dikenal ramah, murah senyum, dan lemah lembut kalau berbicara itu hanya gambaran umumnya karena tidak semua orang Indonesia seperti itu kan?

Kebiasaan Buruk 

Orang Mesir punya beberapa kebiasaan buruk yang berbeda dengan orang-orang Indonesia. Ini dia beberapa diantaranya yang saya amati, dengan catatan bahwa kebiasaan ini sifatnya umum bukan personal artinya tidak semua orang Mesir punya kebiasaan seperti yang saya tuliskan ini.

1. Cuek

Umumnya orang Mesir memiliki temperamental yang tinggi serta gaya berbicara yang keras sehingga tampak seperti orang marah. Kalau marah mereka suka tidak peduli (cuek) dengan keadaan di sekitarnya terutama saat bersitegang dengan orang lain. Misalnya saja jika mobilnya tersenggol mobil orang lain, maka seketika itu juga dia turun (tanpa minggir) diperempatan sekalipun dan memaki-maki orang yang menyenggolnya tadi tanpa peduli apa yang dilakukannya itu menimbulkan kemacetan luar biasa.

2. Sok tahu

Orang Mesir juga punya sifat sok tahu, dan gengsi jika bilang tidak tahu terutama pada orang asing. Ini pernah saya alami, tersesat jalan gara-gara bertanya. Ketika ditanya, orang Mesir tidak mungkin menjawab tidak tahu. Mereka akan menjawab apa saja walaupun sebenarnya jawabannya ngawur.

3. Jorok

Pasti nggak ada yang nyangka kan kalo orang Mesir tuh suka pipis sembarangan??? hehehe... Bukan menggeneralisir, dan tidak semuanya orang Mesir begitu sih tapi banyak juga yang berperilaku begitu. Saya juga awalnya nggak nyangka koq. Jadi jangan heran kalau di tembok sebuah bangunan ditemukan gambar "peta" dengan bau aduhai atau melihat laki-laki mepet ke tembok, tebak sendiri dia ngapain hehehe... 

Kebiasaan baik dan luar biasa

Walaupun memiliki kebiasaan buruk, orang Mesir juga punya kebiasaan yang sangat luar biasa yang jarang saya temukan di Indonesia. Kebiasaan luar biasa hampir semua orang Mesir, walaupun tak sedikit pula yang tidak melakukannya.

1. Sholat tepat waktu

Mungkin akan dengan mudah anda temukan di Mesir, orang-orang sholat di sembarang tempat begitu waktu sholat tiba. Mereka akan berhenti dari aktifitasnya lalu segera melakukan sholat. Tak perlu lama mencari tempat sholat, mereka akan melakukan sholat di mana saja di dekat tempat mereka beraktifitas.

Seorang penjaga keamanan yang sedang berjaga di pintu pagar akan segera menggelar sajadah lalu sholat di samping pos keamanan, begitu juga pedagang kaki lima di jalan yang dengan sigap menggelar sajadah atau alas disamping tempatnya berjualan. Di taman juga begitu, ditengah acara rekreasi mereka tak segan sholat di atas rumput jika tiba waktu sholat.


credit
2. Gemar membaca Al-Qur'an

Jika anda berkesempatan mengunjungi Mesir, terutama pada bulan Ramadhan seperti sekarang, jangan heran jika di atas kendaraan umum yang berjubel beberapa penumpangnya memegang al-Qur'an kecil dan asik berkomat kamit menghafalnya. Ini bisa ditemukan di atas bus umum dan kereta atau metro.

Sering pada waktu saya menumpang sebuah taxi, sopirnya terlihat menghafalkan qur'an melalui audio di dalam taxi. Orang Mesir memang terbiasa membaca dan menghafal sejak usia dini maka tak heran banyak hafiz (penghafal qur'an) di negara ini. Ini adalah budaya atau kebiasaan, mau nggak kita menirunya??

credit

 3. Gemar Bersedekah

Kebiasaan memberi atau bersedekah semakin tampak pada bulan suci Ramadhan. Kebiasaan memberi makan orang yang sedang berpuasa sudah menjadi tradisi bagi warga Mesir. Sangat mudah kita temukan tempat berbuka puasa gratis di jalan-jalan. Atau menurut beberapa mahasiswa, ada juga yang memberikan makanan itu langsung ke rumah-rumah tempat tinggal para mahasiswa. Budaya seperti ini belum banyak kita temukan di Indonesia.

credit


Mempelajari kebiasaan dan budaya orang dimana kita tinggal adalah sesuatu yang menyenangkan. Beradaptasi dengan lingkungan dengan meniru yang baik dan membuang yang tidak baik. Ini akan memperkaya pengalaman dalam hidup, maka itu saya bermimpi bisa tinggal di beberapa negara agar bisa mengenal sosial kultur orang-orangnya. Semoga saja....



Advertisement

4 comments:

Yusroful Miad said...

thanks

Lazayra said...

hebat

Lazayra said...

Hebat

Zulfa said...

1,2,3 itu India banget. hehehe
Subhanallh ya mbak kebiasaan baik mreka, aku sendiri kalau shalat sering nunda, baca Al-Quran kalau 'sempe', Sedekah insyaAllah lancar. Semoga bisa menyamai kebiasaan mreka, shalat tepat waktu dan sering baca Al-Quran. Aamiin

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy