Feb 18, 2013

Advertisement

Di Mesir Nggak Ada Permen..

Advertisement


Suka sebel nggak kalau belanja di supermarket terus dapat kembalian permen?? Saya nih paling sebel kalau seperti itu. Beberapa kali belanja di supermarket yang tergolong besar di Indonesia kembalian recehnya diganti permen.

Alhasil mbak-mbak kasirnya jadi sasaran omelan saya. Koq kesannya nggak niat banget ya jualannya. Supermarket segede itu nggak sedia uang receh, malah "jualan" permen dan jualnya maksa lagi. "Nggak ada uang recehan, bu" begitu rata-rata alasan mereka. Saat saya tanya, "Emang boleh ya mbak kalau saya balik ke sini trus belanja pake permen ini?" Eh mereka cuek aja. Sebodo amat pikir mereka. Akhirnya daripada buang energi karena ngomel saya nggak ambil kembalian permen itu. Biarin aja, makan tuh permen! Pengen rasanya ngelempar mereka pake permen itu.. *emositingkatdewa hahaha...

Bukan hanya di supermarket besar, toko-toko kecilpun melakukan itu. Saya jadi mikir apa iya ini sudah jadi tradisi orang Indonesia? Mungkin ini pula sebabnya uang pecahan Rp. 25 dan Rp. 50 seperti tidak laku dan akhirnya tidak ada yang mau menerima uang pecahan ini. Uang pecahan 25 rupiah malah sudah tidak berlaku lagi sejak lama. 

Padahal kalau kita lihat harga di supermarket biasanya ada pecahan kecil seperti misalnya Rp. 29.875 atau 29.999 kalau memang tidak ada uang pecahan Rp. 1 atau Rp. 25 ya nggak usahlah diberikan label harga seperti itu, bulatkan saja. Atau memang ini salah satu strategi untuk menarik konsumen?

Sejak saya tinggal di Kairo, sekalipun saya tidak pernah menerima kembalian permen saat belanja. Uang kembalian selalu sesuai dengan yang tertera di struk belanja. Pecahan paling kecil (10 piaster = Rp.150) tetap saya terima baik di pasar, di supermarket, atau di hypermarket.

Jadi memang nggak ada permen di Mesir untuk uang kembalian karena permen ya permen, bukan uang.


Kairo, 18/02/13


Advertisement

0 comments:

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy