Jan 27, 2012

Advertisement

Bab Zuweyla, Pintu Selatan Kairo

Advertisement


Bab Zuweyla dari sisi luar


Jalan-jalan akhir minggu kali ini adalah ke Attaba. Attaba adalah sebuah tempat seperti pusat perdagangan grosir di wilayah Kairo lama, satu area dengan Khan el Khalili, Universitas Al-Azhar, dan Masjid Hussein. Selalu menarik buat saya pergi ke tempat-tempat lama seperti ini, sambil menyelam minum air gitu dehhh... Mencari barang, sekalian belajar sedikit sejarah dan foto-foto hehehe.. Tujuan utama saya sebenarnya sih cuma beli kain untuk kostum Faiz anak saya.

Heiii... memang ada tempat menarik di sini. Ditengah kepadatan pasar ada satu tempat bersejarah ternyata. Bab Zuweyla namanya.
Lukisan Bab Zuweyla Jaman Dulu


Bab artinya adalah gerbang atau pintu. Nah, Bab Zuweyla adalah salah satu gerbang yang mengelilingi pagar ibukota Al Qahirah atau Kairo lama. Sepertinya sih wilayah Kairo lama ini dikelilingi semacam benteng dengan pintu gerbang di beberapa sisi yang masing-masing punya nama sendiri. Al-Qahirah atau Kairo didirikan pada tahun 969 Masehi sebagai ibukota kerajaan dinasti Fatimiyah. Nah, Bab Zuweyla ini gerbang di bagian selatan, sedangkan yang di sisi utara namanya adalah Bab El-Futuh, di sisi bagian timur dinamakan Bab El-Nasr.

13273052931572128300
Bab Zuweyla dari Masjid Sultan Mu


Bab Zuweyla, atau disebut Bawabbat al Mitwalli pada masa dinasti Ottoman, dibangun oleh Badr Al-Ghamali pada tahun 1092 Masehi. Umurnya lebih muda 5 tahun dari 2 gerbang lainnya (Bab El-Futuh dan Bab El-Nasr). Memiliki 2 menara kembar yang mengapit pintu berbentuk lengkung. Menara ini dulunya berfungsi untuk mengintai keberadaan musuh. Di sepanjang dinding gerbang ini dulu juga berfungsi untuk memajang kepala penjahat yang dihukum pancung. Hiiiiii.... horor yah??

Lain dulu lain sekarang, sekarang kalau kita mau bersusah-susah naik ke atas menara maka kita akan disuguhi pemandangan kota Kairo lama yang eksotis. Kebetulan kemarin saya nggak naik ke atas menara, kepepet waktu sih.. hehehe...

Di sebelah barat gerbang terdapat  sebuah masjid kuno yang namanya diambilkan dari nama pendirinya yaitu Masjid sultan Al-Muayyad. Dulunya masjid ini adalah penjara, dan Syekh Amirul Mua'ayyad pernah dipenjara di sini. Ceritanya, begitu menderitanya Muayyad saat di dalam penjara, beliau bersumpah kalau dibebaskan dari penjara dan berkuasa maka dia akan menghancurkan penjara dan akan membangun masjid di bekas penjara ini. Akhirnya ketika beliau dibebaskan dan menjadi Sultan di Mesir, ditepatilah janjinya tersebut. Masjid ini dibangun pada tahun 1415 Masehi.

1327305136947863897
Gerbang Masjid Sultan Mu

Sayangnya, kondisi di sekitar Bab Zuweyla ini kotor banget. Jalannya hanya dipaving sebagian saja. Nggak ada petugas kebersihan yang membersihkannya. Sepertinya waktu Mubarrak masih berkuasa, tempat ini akan dijadikan museum terbuka tapi keburu revolusi Januari tahun lalu jadi mandeg deh proyeknya.. karena selama setahun ini pemerintah sepertinya nggak sempet mikir yang kayak beginian, sayang banget dehh.  Di tengah gerbang malah banyak tempelan spanduk bergambar orang yang berkampanye. Dan di kanan kirinya banyak pedagang kaki lima yang kelihatan kumuh banget. Mudah-mudahan aja segera di akomodir keluhan saya ini ... hehehehe..... emang siapa saya ya??

1327306648912841972
Salah satu bangunan di area Bab Zuweyla.. Mirip setting film Ayat-ayat Cinta ya..?

Ya udah jalan-jalan kali ini, lagian saya udah kedinginan juga. Lain kali saya mau ke dua Bab yang belum saya kunjungi, Bab El-Futuh dan Bab El-Nasr. Mesir memang nggak pernah habis di eksplore... Salam..

Advertisement

0 comments:

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy