Jun 15, 2012

Advertisement

G Land, Pantai Eksotis di Timur Jawa

Advertisement


Jika anda melakukan perjalanan ke pulau Bali melalui darat ada baiknya anda meluangkan waktu untuk transit di kota yang memiliki julukan Sunrise of Java, Banyuwangi. Banyak tempat menarik yang tentu tak akan mengecewakan anda dan mungkin membuat anda mengurungkan niat untuk pergi ke Bali. Kombinasi gunung dan pantai menjadi daya tarik wisata tersendiri di Banyuwangi. Kota kecil ini memang terletak di antara gunung dan laut. 

Selain kawah ijen masih ada Pulau Merah, Taman Nasional Meru Betiri dan G Land. Atau jika anda tidak mau melakukan perjalanan darat yang melelahkan, saat ini maskapai penerbangan Merpati Airline juga telah melayani rute Surabaya - Banyuwangi dan sebaliknya. Hmmm... perlu dipertimbangkan sepertinya ya..

Baiklah... saya akan mengupas tentang sebuah tempat yang namanya akan membuat kita penasaran, G Land...

G Land sebenarnya adalah sebutan untuk pantai Plengkung. Ada tiga hal yang pantai ini di sebut G Land , pertama diambil dari Grajagan, nama teluk Grajagan. Kedua Green, karena tempat ini berada di kawasan hutan tropis, dan yang ketiga diambil dari Great karena ombak yang besar dan panjang. Jadi G Land adalah Grajagan, Green and Great.

Tempat ini adalah salah satu pantai surfing terbaik di dunia karena gelombang besarnya dan menjadi The Seven Giant Waves Wonder, ombaknya yang mencapai 6-8 meter dengan panajng 2 km Tak heran, tempat ini kondang dikalangan peselancar profesional karena ombaknya besar dan panjang yang merupakan impian para peselancar profesional. Di pantai ini juga pernah diadakan lomba selancar internasional, Quicksilver Pro Surving Internatinal Championship pada tahun 1995, 1996, 1997.

Bagi peselancar, waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah, Mei sampai Oktober. Ombak di pantai ini dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu :
  • Kong Waves, tinggi ombak mencapai 6-8 meter
  • Speedis Waves, tinggi ombak 5 -6 meter
  • Many Track Waves, 3 - 4 meter. Yang tingkatan terakhir ini biasanya digunakan untuk peselancar tingkat pemula untuk mengasah skill mereka.


trekearth.com

Untuk menuju ke sana, ada 2 cara, yaitu:
  1. Banyuwangi - Kalipahit (59 km) dengan bus, Kalipahit - Pasaranyar (3 km) dengan ojek, Pasaranyar-Trianggulasi-Pancur (15 km), Pancur-Plengkung (9km) dengan mobil khusus.
  2. Banyuwangi-Benculuk (35km) dengan bus, Benculuk-Grajagan (18km) dengan bus atau transportasi umum, Grajakan-Plengkung dengan menggunakan speedboat
Jika memilih cara kedua, anda bisa menghabiskan malam di grajagan dan menikmati pemandangan sebelum melanjutkan perjalanan ke Plengkung. Atau jika tidak mau repot, sewa saja mobil ke sana.


Percayakah anda bahwa tempat ini ada di Banyuwangi??
loxet.blogspot.com


Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, bar, restaurant, bungalow, jungle camp dan lain-lain. Disediakan juga papan selancar, dan jangan heran semua harga ditempat ini menggunakan pecahan dollar loh.. maklum saja yang datang ke sini adalah wisatawan asing.

Nah, walaupun anda tidak hobi berselancar, anda tetap bisa menikmati eksotisme pantai ini, juga panorama alam di Taman Nasional Alas Purwo. Jadi masukkan G land ke dalam destinasi wisata liburan anda...

* sumber : Banyuwangi Tourism




Advertisement

0 comments:

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy