Dec 8, 2012

Advertisement

Mau Liburan Berkesan? Buat Dulu Perencanaannya

Advertisement



Mengisi liburan dengan jalan-jalan?? Hmmm.... menarik. Biasanya yang paling bersemangat menyambut liburan tentu saja anak-anak. Buat saya, suami dan anak-anak jalan-jalan adalah hobi. Anak-anak akan kelihatan suntuk kalau tidak diajak keluar rumah jika mereka libur. Bukan hanya saat libur panjang seperti liburan semester tapi ini juga berlaku saat libur akhir pekan. 

Liburan itu penting untuk penyegaran diri setelah rutinitas harian dan juga menambah pengetahuan dan wawasan anak-anak tentunya.

Sebenarnya jalan-jalan tidak harus mengeluarkan dana yang banyak, tapi tidak ada salahnya sekali waktu menjadwalkan liburan keluar kota atau bahkan keluar negeri. Waktu kami masih tinggal di Pekanbaru, anak-anak suka kami ajak ke tempat-tempat yang sebenarnya bukan tempat wisata seperti perkebunan sawit, mangga, rambutan bahkan tempat pelatihan gajah di Minas. Walaupun mall, toko buku juga menjadi tempat jalan-jalan paling mudah diakses namun tempat-tempat yang tidak biasa itu ternyata cukup berkesan untuk anak-anak.

Untuk liburan ke luar kota atau luar negeri biasanya kami merencanakannya jauh-jauh hari, untuk disesuaikan dengan dana yang ada. Liburan ke luar negeri?? Kesannya mahal ya? Tapi tidak juga, apalagi buat orang yang tinggalnya di Batam, Pekanbaru, dan Medan. Bagi yang tinggal di Batam tentu liburan ke Singapura jauh lebih murah ketimbang liburan ke Jakarta, atau bagi yang tinggal di Pekanbaru dan Medan tentu lebih memilih liburan ke Malaysia ketimbang ke Jakarta, Jogjakarta atau Bali.

____

Saya pernah tinggal 1,5  tahun di Batam (2000-2001), karena jarak tempuhnya yang tidak lebih dari 1 jam dengan kapal cepat, cukup sering kami ke Singapura. Mengunjungi Jurong Bird Park, atau Singapore zoo atau hanya sekedar jalan-jalan cuci mata saja. 

Bukan tanpa sebab, di Batam ada juga tempat wisata seperti pantai Nongsa, pantai Turi dan pantai-pantai lain yang terkenal keindahannya tapi mungkin kalau dihitung-hitung dana yang harus dikeluarkan lebih mahal dibandingkan dengan menyeberang ke Singapura. 


Waktu itu saya hanya melakukan day trip atau pergi pagi pulang sore hari. Singapura memang terkenal dengan kota belanja tapi saya bukan penghobi belanja jadi cukup window shopping atau jalan-jalan ke tempat yang saya sebutkan di atas.

Lalu waktu kami tinggal di Pekanbaru, liburan ke luar kota paling terjangkau adalah Sumatera Barat karena selain banyak tempat wisata alam menarik seperti Bukittinggi, danau Maninjau, danau Singkarak, dan pantai-pantai cantik di kota Padang, jarak antara Riau dan Sumatera Barat bisa ditempuh tidak lebih dari 6 jam naik mobil. Kota paling jauh yang pernah kami kunjungi adalah Palembang, Sumatera Selatan (13 jam naik mobil).

Mengajak anak-anak liburan ke Malaysia juga kami lakukan pada saat kami tinggal di Pekanbaru, karena harga tiket pesawatnya lumayan murah dibandingkan tiket pesawat ke Jawa atau Bali. Dan kami juga mengajak mereka melakukan perjalanan dari Kuala Lumpur ke Singapura dengan kereta api. Cukup berkesan buat anak-anak karena liburan ke dua negara sekaligus.

Liburan ke Hongkong adalah acara liburan paling seru karena merupakan pengalaman pertama naik pesawat dengan durasi lama dan menikmati musim dingin. Kebetulan waktu itu memang kami sudah merencanakan setahun sebelumnya. 

Sebenarnya tidak kepikiran untuk liburan ke Hongkong. Ketika suami beli buku panduan tentang Hongkong di toko buku, saya mempertanyakannya, buat apa sih??Dan kata suami barangkali suatu saat pingin liburan ke Hongkong. Eh ternyata setelah baca-baca buku itu, kok sepertinya kotanya cukup menarik ya.. selain nggak perlu pakai visa untuk masuk kesana, ternyata banyak juga tiket dengan harga promo.  


Jadi sejak itu kami nabung untuk mengajak anak-anak liburan ke sana tahun berikutnya. Cerita perjalanan ke Hongkong pernah saya tulis di sini.

Lalu setelah kami pindah ke Kairo, agenda jalan-jalan mengisi liburan cukup tersalurkan hehehe... Karena tidak seperti saat tinggal di Batam dan Pekanbaru, di Kairo banyak sekali tempat yang menarik dikunjungi Pyramid, masjid-masjid tua, dan tempat bersejarah lainnya. Tidak perlu keluar ongkos mahal untuk pergi ke tempat-tempat itu karena letaknya di dalam kota Kairo. 

Selain refreshing, dapat juga pengetahuan sejarah. Kalau di luar kota, ada Alexandria, Luxor, Sharm el-Sheikh, Hurghada, Matruh, Siwa menjadi tempat liburan favorit  terutama buat orang Indonesia yang tinggal di Mesir. Untuk luar kota, kami baru sampai di Alexandria hehehe... Luxor dan tempat lainnya sudah ada dalam agenda liburan kami.



Beberapa bulan lalu kami mengunjungi Turki yang hanya ditempuh 2 jam dengan pesawat dari Kairo. Alasannya sih sederhana, mumpung masih di Kairo dan ongkos pesawatnya tidak mahal dibandingkan berangkat dari Indonesia. Dan Turki juga merekam banyak cerita sejarah Islam yang peninggalannya masih ada hingga kini.

Seperti biasa, buku panduan menjadi barang wajib dibeli ketika merencanakan liburan, karena liburan kami biasanya mandiri tanpa ikut paket biro wisata.  Kali ini buku tentang Turki yang kami beli di toko buku waktu mudik ke Indonesia. Alhasil terlaksana juga liburan kami ke Turki bulan Mei lalu yang saya ceritakan di sini.


Kami memang tidak pernah menggunakan paket wisata dari biro perjalanan wisata, selalu kami lakukan semuanya sendiri dari mulai tiket pesawat,  booking hotel sampai merencanakan tempat mana saja yang akan kami kunjungi dan berapa lama. Biasanya sayalah yang bertugas untuk booking tiket pesawat dan hotel, sedangkan untuk merencakan tempat yang akan kami kunjungi biasanya kami diskusi dengan anak-anak. Tujuan perencanaan ini agar liburan menjadi efektif, efisien dan tentu saja berkesan.

Ini dia beberapa tips  untuk merencanakan liburan :

1. Tempat tujuan,

Tentu saja ini poin pertama untuk merencanakan liburan. Ini juga yang mempengaruhi budget kita untuk liburan terutama liburan luar kota dan luar negeri.

Tapi liburan juga tidak harus diisi dengan jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri. Cari tempat yang tidak biasa seperti kolam pembibitan ikan, kebun buah, sawah, yang tak jauh dari rumah, tidak perlu budget yang banyak kan? Dan ini cukup mengesankan untuk anak-anak seperti pengalaman saya.

2. Informasi Tempat Liburan

Bisa mencari informasi mengenai tempat tujuan dari buku atau internet seperti yang biasa saya lakukan. Ini penting untuk mengetahui harga tiket masuk ke tempat-tempat wisata, transportasi lokal (MRT, LRT dan sebagainya).

3. Hotel atau tempat penginapan.

Langsung datang ke hotel untuk sewa kamar akan membuat budget liburan membengkak karena tarif yang berlaku adalah rate walk in guest dan pasti mahal, bisa jadi hotel bintang 3 bertarif bintang 5. Belilah voucher di biro perjalanan atau booking online biasanya tarifnya lebih murah dan pilihannya juga banyak.

4. Transportasi

Kalau liburan ke luar kota sih cukup menggunakan mobil pribadi atau sewa mobil. Tapi kalau perginya ke luar negeri, maka tiket pesawat akan memakan budget. Untuk mendapatkan harga tiket yang murah, carilah maskapai penerbangan yang sedang promo. Idealnya sih sebulan sebelum keberangkatan tiket pesawat sudah dibooking.

Untuk jarak dekat, coba kita ajak anak-anak gowes sepeda sambil melihat kebun, sawah atau kolam ikan. Hmmm... saya yakin momen kebersamaan ini akan sangat berkesan dan tak kalah dengan liburan ke luar kota atau luar negeri

5. Perlengkapan

Kalau pergi sendiri mungkin mempersiapkan perlengkapan seperti baju bisa dilakukan menjelang keberangkatan tapi kalau kita pergi bersama keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang banyak seperti saya  maka perlengkapan harus dipersiapkan seminggu sebelumnya agar tidak ada yang tertinggal. Kamera juga merupakan perlengkapan untuk liburan. Nggak lucu juga kalau liburan dengan ongkos yang mahal malah tidak didokumentasikan, nggak ada kenang-kenangannya dong...

Mungkin itu catatan berdasarkan pengalaman saya untuk mempersiapkan sebuah liburan. Liburan yang direncanakan dengan baik akan menjadi liburan yang berkesan.

Selamat berlibur ya... Salam hangat :)

Berikut dokumentasi foto-foto liburan saya dan keluarga :
1354884984107934242
Liburan Turki
13548848621635535229
Liburan Pekanbaru

Liburan Hongkong

Liburan Malaysia


Sumber : Tulisan saya di Kompasiana

Advertisement

3 comments:

Choco BD said...

Wah asik asikk, saya nunggu anak-anak gede paling tidak 5 dan 6 tahun buat diajak keluar negeri tapiii udah ngga sabarr mau ngajak ke yg deket-deket..

Wah iya jaman dulu saya di batam juga, tiap minggu bisa ke spore qiqiqi apalagi ngga pake bayar fiskal (maklum org dalem)

Untungnya sekarang ngga ada lagi si fiskal itu

Ditunggu yaa makk cerita lainnya ^^

Ellys Utami said...

Kalo saya gak beli tiket ferrynya, dapet gratis dikasih temen hehehehe...

Betul mak, kalo jalan2 bawa anak2 dibawah umur 5 tahun, rempong terus mereka juga belum bisa menikmati yang ada emaknya juga ikutan nggak menikmati hehehe...


Sandi Akbarulah said...

kalo Booking Tiket Pesawat Online ke Batam itu harus ke Riau dulu apa ya??

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy