May 8, 2013

Advertisement

Jordan, Spring Traveling #2 : Petualangan Dimulai..

Tanggal 1 Mei 2013, berangkat pagi-pagi  sekali dari Maadi karena pesawat take off jam 09.15 waktu Kairo. Taxi sudah menunggu di bawah, malamnya kami memang pesan pada Ahmad, penjaga apartemen tempat kami tinggal untuk mencarikan taxi jam 6.30. Pengecekan terakhir, paspor, tiket, ATM dan koper tentu saja, jangan sampai ketinggalan (bisa gawat hehe..)

Sampai bandara, setelah check in dan cek paspor selesai, ternyata belum masuk waktu boarding. Kebetulan sebelum berangkat tadi cuma sarapan mi instan, biar praktis dan tidak meninggalkan jejak cucian alat dapur dan piring kotor di rumah hehe.. Jadi sembari nunggu waktu boarding, cari jajanan roti dulu di ruang tunggu terutama terutama untuk anak-anak. Sesampainya di Amman nanti kami akan langsung menuju Wadi Musa kota tempat Petra berada jadi takut tidak sempat cari makan.

alhamdulillah... akhirnya berangkat juga ke Jordan :)

Penerbangan ke Amman ditempuh dalam waktu 1 jam 5 menit dari Kairo. Oh iya sebenarnya dari Kairo ke Amman bisa ditempuh dengan jalan darat lalu menyeberangi selat Aqaba yang membutuhkan waktu sekitar 18 jam. Bagi traveler yang suka dengan petualangan boleh mencoba lewat jalur darat ini.

Sesampainya di Queen Alia International Airport Amman jam 11.30 waktu Jordan, (selisih waktu antara Mesir dan Jordan 1 jam). Walaupun saya melihat di luar jendela, pasir gurun memenuhi udara Amman tapi suhu udara di sini sedikit lebih sejuk dari Kairo, sekitar 28ยบ celcius. Badai pasir seperti ini memang kerap terjadi saat pergantian musim dari musim dingin ke musim panas.

Badai pasir saat mendarat

Segera kami mencari konter pembelian Visa on Arrival. Tidak seperti di bandara Attaturk Istanbul yang konter pembelian visanya terpisah, di Amman loketnya jadi satu dengan konter pemeriksaan paspor. Pembelian VOA Jordan menggunakan mata uang Dinar Jordan, jangan khawatir jika belum membawa uang dinar, anda bisa menukarnya di dekat konter atau mengambilnya di ATM di sekitar situ. Harga VOA Jordan adalah 30 JOD, berlaku selama 30 hari.

Ambil bagasi

Karena rencananya kami ke Petra naik taxi, dari yang kami baca di internet, taxi yang melayani ke Petra adalah taxi berwarna beige. Sampai di pintu keluar, kami tak melihat taxi yang dimaksud dalam internet. Yang ada hanya minibus (coaster) berwarna kuning. Lalu kami bertanya pada orang-orang yang bergerombol di dekat pintu keluar. Menurut mereka, kalau mau sewa taxi, kita harus ke terminal Amman selatan naik minibus kuning dulu.

Tiba-tiba seseorang bertanya
"Kamu bisa nyetir kan?"
"Iya" jawab suami saya
"Kalau bisa nyetir sebaiknya sewa mobil saja itu banyak car rental, tinggal pilih saja. Di jalan kamu bisa bertanya sama polisi, gampang koq.." Kata orang itu lagi

Sebenarnya sebelum berangkat, car rental online jadi salah satu opsi kami untuk transportasi ke Petra dan selama di Amman. Harga sewanya juga relatif murah kalau dibandingkan dengan naik taxi dan bus bolak balik. Mobil bisa kita pilih sesuai kebutuhan, tinggal pilih. Kami pikir, sewa mobil itu plus sopir tapi setelah kami baca lebih teliti, sewa mobil itu tanpa sopir, kita harus mengemudi sendiri. Nggak perlu khawatir soal SIM, kita bisa pakai SIM yg kita punya dari negara asal. Cuma waktu itu agak khawatir dengan kondisi badan, takut kecapekan karena perjalanan Amman-Petra cukup jauh 230 km atau sekitar 3 jam perjalanan. Jadi opsi ini kami abaikan.

Kembali ke rental mobil di airport, setelah berdiskusi dan mempertimbangkan ini itu terutama kondisi fisik suami yang akan jadi driver selama 6 hari, akhirnya kami memutuskan sewa mobil saja. Pertimbangannya, kami akan lebih leluasa ke mana mau pergi, jadwal lebih fleksibel dibandingkan memakai jasa sopir dan lebih hemat tentunya dibandingkan naik taxi mengingat mobilitas kami cukup tinggi.

konter rental mobil di airport

Kami menyewa mobil chevrolet matic yang pemakaiannya masih 2000 km, lumayanlah masih kinyis-kinyis hehehe... bau mobilnya aja masih baru. Sewa per harinya 40 JOD plus asuransi all risk 10 JOD (opsional). Bensinnya full to full artinya kita pakai sudah full, saat mengembalikan juga harus full. Jadi total untuk 5 hari (1-6 Mei) sewa mobil yang harus kami bayar adalah 250 JOD ditambah uang jaminan sebesar 100 JOD yang akan dikembalikan setelah pengembalian mobil.

Administrasinya juga nggak ribet koq, cuma butuh paspor dan SIM yang masih berlaku sudah itu saja. Setelah selesai, langsung deh bisa kita bawa mobilnya.

Perjalanan ini sepertinya akan seru, karena menyetir sendiri di negara lain yang kami sama sekali belum kenal medannya. Tapi ada peta dan matahari, itu andalan kami sebagai penunjuk arah.

Masih ada cerita petualangan kami di Jordan selanjutnya, ditunggu ya....

Advertisement

Anonymous said...

mantep... ditunggu kisah selanjutnya... ira

Hehehe... makasih mbak Ira udah menunggu... :D

Lidya - Mama Cal-Vin said...

SIMnya international ya?

Ellys Utami said...

Bukan mbak, SIM Mesir. Mereka terima SIM dari negara asal baik itu yang berbahasa Arab, Rusia atau Inggris. Sepertinya SIM indonesia diterima koq..

Lisa Tjut Ali said...

keren mbak bisa jalan-jalan ke jordan, mbak cepat ya sambungannya pingin lihat foto2 negara jordan

Ellys Utami said...

Mumpung dekat dari Mesir mbak.. lagian nyari gampangnya, karena Jordan ga pake ngurus visa :)

Sambungannya ada di sini mbak Lisa..ellys-utami.blogspot.com/2013/05/jordan-spring-traveling-berpetualang-ke.html?m=1

Rental Mobil Malang di Nahwa.co.id Aja said...

keren juga rental mobil nya pakai sistem full to full
jadinya gak ribet sendiri soal harga bensin