Jan 16, 2016

Advertisement

Gereja di Arab

Advertisement


Gereja di Arab?? Emang ada ya? Ya ada dong.. Umat Kristiani di negara-negara Arab tersebar di Mesir, Jordania, Syria, Lebanon, Irak, dan Palestine.

Di Mesir sendiri ada sekitar 11 persen penganut Coptic (Qibthi) dari total 82,06 juta penduduk. Mereka sudah terlebih dahulu tinggal di Mesir sebelum Islam masuk tahun 640 Masehi. Pada saat Amr bin Ash mendapat tugas menaklukkan Mesir dari tangan Romawi, Rasulullah SAW malah berpesan agar berbuat baik pada orang Qibthi.  

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,‘Jika kalian menaklukkan Mesir, maka aku wasiatkan agar kalian berbuat baik kepada orang-orang Qibthi ini. Mereka berhak atas perlindungan dan kasih sayang’.” (HR. Muslim no.2543).

Pernah mendengar nama Mariyah al Qibthiyah? Seorang budak wanita Koptik Mesir yang dikirim oleh Muqawqis (salah satu penguasa Koptik) sebagai hadiah untuk Rasulullah SAW. Maria lalu menjadi muslim dalam perjalanannya menuju Madinah dan kemudian dinikahi oleh Rasulullah SAW. Dari penikahannya tersebut Mariyah melahirkan seorang anak laki-laki bernama Ibrahim namun meninggal dunia ketika bayi. 

Karena keterkaitan sejarah itulah maka tak heran hingga saat inipun hubungan umat Koptik dan Muslim di Mesir sangat harmonis. 

Karena tinggal di Arab ya mereka juga berbahasa Arab. Kitab injil yang mereka baca juga bertulisan Arab. Di gereja, banyak kaligrafi Arab seperti halnya yang terdapat di masjid. Lafadz seperti InsyaAllah, masyaallah, Alhamdulillah akan biasa kita dengar di sini. Injil yang mereka bacapun berbahasa Arab.

Pernah suatu kali, saya melihat seseorang membaca sebuah kecil di metro. Saya pikir dia sedang tilawah Qur'an karena orang Mesir biasa melakukannya di tempat umum. Tapi saya baru ngeh kalau yang di baca itu adalah injil setelah saya melihat tatto salib di pergelangan tangannya. 

Seringkali juga orang Mesir bertanya pada saya. "Enty muslim?" Saya sendiri agak heran kenapa mereka menanyakan hal itu. Bukankah sudah jelas kalau saya muslim karena saya pakai jilbab? Ternyata sebagian umat Koptik juga memakai jilbab/hijab. 

Nah biar nggak penasaran, saya akan tunjukkan gereja yang ada di Kairo. Ada 2 gereja besar yang cukup populer. Yang pertama Hanging Church yang merupakan gereja tertua di Mesir. Dan Cave Church atau St Simon Church, gereja yang relatif baru namun unik.

Hanging Church

Dibangun pada sekitar abad ke 4 Masehi. Bisa dikatakan situs gereja ini adalah yang tertua di dunia. Namun bangunannya sudah mengalami rekonstruksi ulang pada tahun 1909 karena sempat hancur pada saat perang salib. 

Gerbang utama sebelum masuk gereja. Ornamennya mirip masjid2 yang ada di Mesir.


Pintu kedua masuk gereja. 

Interior gereja

Tulisan Arab di mana-mana :D

Biar lebih jelas, tapi saya nggak tau bacaannya sih hehehe..


Cave Church (St Simon Church)

Gereja ini relatif baru karena dibangun sekitar tahun 1987 namun karena bentuknya yang unik maka cukup menarik untuk dikunjungi. Dibangun di bawah gunung Mokattam, maka itu dinamakan cave church. Lokasi gereja ini berada di Mansiyat Nasr atau lebih populer dengan nama Garbage City. Iya namanya kota sampah karena di daerah ini banyak yang bekerja sebagai pengumpul sampah atau pemulung. Hampir 100% warga garbage city adalah orang Koptik.

  

Salamlikum


Pintu masuk 

Gereja ini bisa menampung sekitar 2000 jamaat

Cuplikan salah satu ayat dalam Injil

Diorama


Karena tinggal di negara yang berbahasa Arab, kitab yang digunakan tentu saja bertulisan Arab :D














Advertisement

4 comments:

Cumilebay MazToro said...

Bagus2 yaaaa bangunan nya
Btw selama ini nama "Maria" identik dengan nasrani tapi ternyata Nabi Muhammad SAW perna menikahi wanita bernama Mariyah

Ellys Utami said...

Iya bangunan di Mesir indah2 mas. Meski berumur ratusan hingga ribuan tahun tapi masih kokoh sampai saat ini.

Makasih mas sudah mampir...

bersapedahan said...

gereja bener2 unik dan keren ...
agak sedikit aneh aja sih ... karena selama ini kalau lihat tulisan arab .. identik dengan mesjid ..

Ellys Utami said...

Waktu pertama lihat, saya juga ngerasa aneh mas hehehe..

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy