Nov 16, 2012

Advertisement

Pyramid Dibongkar.... Landmarknya Mesir Nanti Apa Yaa?

Advertisement



Wacana penghancuran Pyramid dan Sphinx di Mesir oleh "sekelompok orang" sedikit mengusik tangan saya untuk mencurahkan  uneg-uneg di sini.

Walaupun masih berupa wacana, terbukti isu ini sudah menjadi bahan diskusi oleh banyak orang. Alasan penghancuran menurut mereka karena takut nantinya Pyramid dan Sphinx disembah layaknya yang terjadi pada jaman nabi Ibrahim dulu.

Sebenarnya nggak minat juga mengomentari ini apalagi yang berhubungan dengan agama karena bukan bidang saya. Tapi karena saya tinggal di Mesir rasanya perlu juga saya sedikit berkomentar.

Seperti kita tahu Pyramid sudah menjadi landmarknya Mesir. Pyramid menjadi bangunan fenomenal peninggalan bangsa Mesir kuno yang sampai saat ini teori pembangunannya belum terpecahkan. Batu-batu raksasa yang ditumpuk sehingga membentuk piramida setinggi 146 meter (pyramid kufu di Giza) masih menyisakan pertanyaan banyak manusia modern tentang bagaimana proses mengangkat batu-batu raksasa itu, sedangkan mesin crane belum dikenal pada masa itu. Tapi sedikit demi sedikit teori pembangunan pyramid sudah mendekati kebenaran walaupun tidak bisa dibuktikan.

Mesir memang sebuah negeri dengan peradaban manusia tertua di dunia itulah sebabnya Mesir dijuluki "Ibu Dunia". Letaknya yang berada dibantaran sungai Nil mejadikannya tempat yang ideal untuk hidup. Orang-orang Mesir kuno lebih dulu mengenal kain, kertas, pernak-pernik perhiasan bahkan teknologi arsitektur sudah sedemikian majunya sejak ribuan tahun lalu.

Pyramid sebenarnya adalah makam fir'aun (raja), ini adalah bukti keangkuhan fir'aun yang diceritakan dalam Al-Qur'an. Bangunan sebesar itu hanya digunakan untuk menyimpan jasad bersama dengan harta benda kesayangannya termasuk perhiasan emas. Tidak hanya itu, Fir'aun tidak mau jasadnya hancur begitu saja makanya diawetkanlah mayatnya (baca: mummy). Tuh kan teknologi mengawetkan mayat saja sudah mereka kenal sejak ribuan tahun lalu..

Photo by ellys

Pyramid sempat terkubur dalam pasir dan tidak tersentuh sampai ditemukan lagi oleh arkeolog pada sekitar abad 18. Karena bangunannya yang sangat fenomenal itulah Pyramid menjadi salah satu keajaiban dunia. Ada beberapa pyramid di Mesir tapi yang menjadi landmarknya Mesir dan merupakan pyramid paling besar (the great pyramid) adalah pyramid kufu. Pyramid lainnya seperti pyramid Saqara dan Dashour merupakan pyramid dengan ukuran yang lebih kecil walaupun sebenarnya usianya lebih tua.

Penghancuran pyramid karena dianggap sebagai berhala oleh sekelompok orang itu tidak mempertimbangkan hal-hal lain diluar keyakinannya itu. Padahal pyramid sudah ada sejak Islam berkembang di negeri 1000 menara ini. Mesir juga dikenal dengan Al-Azharnya yang sudah melahirkan ribuan ulama sejak berdirinya tahun 900 Masehi. Jadi kalau wacana penghancuran pyramid itu baru mengemuka, ini menjadi pertanyaan besar untuk orang awam seperti saya. Kenapa para ulama tidak menghancurkannya sejak lama kalau Pyramid dianggap berhala sesembahan dan dianggap benda yang akan mempengaruhi ketauhidan orang Islam..? Hmmmm..... itulah yg tidak saya mengerti.

Pyramid menurut saya adalah monumen sejarah yang tidak seharusnya dihancurkan. Keberadaannya merupakan bukti nyata keangkuhan Fir'aun yang tertulis dalam Al-Qur'an. Keberadaannya itulah yang membuat kita semakin meyakini bahwa isi Al-Qur'an tentang Fir'aun dan nabi Musa Alaihissalam benar adanya. Keberadaannya membuat kita lebih mudah menceritakan Fir'aun pada anak dan cucu kita.

Giza Pyramid, Pyramid terbesar yang ditemikan di Mesir


Tidak hanya itu negara (Mesir) sangat diuntungkan dengan keberadaan Pyramid ini. Bayangkan saja pemasukan dari tiket masuk Pyramid yang 60 EGP per orang. Hitung saja jika rata-rata per hari pengunjungnya 500 orang. Lalu masyarakat yang mengais rejeki dengan menyewakan kuda dan untanya, penjual minuman, souvenir di area Pyramid. Lha kalau pyramid hancur berapa pemasukan negara dan pendapatan masyarakat hilang? Apa iya Pyramid membuat moral manusia rusak?? Nggak habis pikir saya nih..

Yang saya bayangkan kalau Pyramid dan Sphinx dihancurkan landmarknya Mesir apa ya??? Wah.... mumpung belum rata dengan tanah harus segera foto-foto di sana nih... hehehe... 




Advertisement

2 comments:

ira said...

Pokoke yen diancurno hiks hiks hiks banget, deh. Wong kok gak mikir yo, Mbak. Sejarah kuwi kan gawe pelajaran gawe menungso saiki. Mosok mikire cethek tenan... :( ira

Ellys Utami said...

Untung cuma isu aka gossip mbak Ira hehehe...
Tapi sejak revolusi Mesir ditambah peristiwa Juni 2013, tempat2 wisatae sepi & agak rawan. Jare wong2 Mesir gak koyok mbiyen.

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy