Mar 15, 2013

Advertisement

Azhar Park, Taman Indah dari Sampah Purba

Advertisement


Eh Sudah weekend lagi. Nggak seperti di Indonesia, yang weekendnya hari Sabtu dan Minggu, di Mesir dan negara-negara Arab weekendnya hari Jum'at dan Sabtu. Akhir minggu memang hari wajib buat kami keluar dari sangkar emas..... yaelahhhh.

Biasanya nih hari Jum'at atau Sabtu pagi-pagi sekali anak-anak udah di voting untuk menentukan mau jalan-jalan kemana. Penting banget soalnya, kalo saya yang maksa ke suatu tempat yang tujuannya buat cari obyek foto mereka bertiga bakalan manyun.

Saya suka beda pendapat soal tempat libur weekend ini sama anak-anak. Mereka lebih suka jalan ke mall atau makan tapi saya sukanya jalan ke tempat yang menarik buat dijepret hehe.... Tau sendiri kan di Kairo banyak banget tempat-tempat tua seperti pasar Khan El Khalili, masjid-masjid tua bahkan kuburan tua yang buat anak-anak  pasti bikin boring alias nggak menarik padahal di mata emaknya, tempat-tempat itulah yang sangat menarik.

Kali ini votingnya, Dead lock!! *pinjem istilahnya X Factor he he he... Anak-anak bingung, karena di Mall sudah nggak ada tempat buat dieksplor lagi, diajak ke masjid tua mana mau mereka.. dan alhasil bapaklah yang jadi penengahnya.

Ada satu tempat di Kairo yang bisa menjembatani selera saya dan anak-anak. Saya bisa cari obyekan foto dan nggak bikin anak-anak boring. Sebuah taman indah yang berada di atas bukit dekat kawasan kampus Al-Azhar dan terletak di pinggir Salah Saleem road.

Bukit yang dijadikan taman ini  dulunya adalah TPA (Tempat Pembuangan Akhir) alias tempat tumpukan sampah berumur 500 tahun. Azhar Park namanya. Taman hijau ditengah padatnya pemukiman padat dan minim pepohonan mampu menjadi oase bagi warga kota Kairo yang tinggal ditengah padang gersang :D






Bukit sampah yang disulap menjadi taman ini luasnya 30 hektar, mulai dibangun pada tahun 1992 menghabiskan dana sekitar 30 juta USD. Karena awalnya adalah bukit sampah maka pengerjaannya memakan waktu lama karena harus mengkondisikan tumpukan sampah berumur ratusan tahun itu agar menjadi tanah yang subur. Baru pada tahun 2005 Azhar park dibuka untuk umum.

Tiket masuk ke taman ini hanya 5 LE (weekdays) dan 7 LE (weekend), kalo dirupiahkan hanya sekitar Rp. 7.500 dan  Rp. 10.000 cukup murah untuk tempat libur keluarga. Lumayan buat leyeh-leyeh melepas penat apalagi kalo gelar tikar sambil makan rujak hehehe...



Dari spot tertinggi azhar park kita bisa lihat kota Kairo yang bangunannya coklat semua. Bangunan masjid benteng (Masjid Muhammad Ali Pasha) tampak jelas dari taman, kalau foto dengan latar belakang masjid kita seperti berada di Istanbul. Karena bangunan masjid Ali Pasha memang mirip dengan masjid Sultanahmet (Blue Mosque).



Di tengah taman ada restaurant dengan arsitektur menarik, mirip masjid. View keseluruhan taman tampak jelas dari restaurant ini. Sayangnya saya belum pernah coba makan di situ, cuma foto-foto didepannya saja. hehehe... 



Di bagian utara taman, ada benteng peninggalan dinasti Fatimiyah. Tembok yang mengelilingi kota Kairo lama yang saat ini sedang direnovasi. Rencananya akan dibangun sebuah Museum Historic of Cairo di sini yang nantinya akan menyimpan karya seni dan benda-benda peninggalan sejarah Islam. 



Tempat yang awalnya tumpukan sampah tak berguna, dan membuat pemandangan kota "jorok" kini jadi sebuah cuilan 'surga' bagi warga kota Kairo. Dan yang paling penting taman ini mampu menjadi paru-paru kota yang padat dengan kendaraan bermotor. 

Akhirnya mengisi akhir minggu kali ini nggak bikin budget membengkak. Pikiran fresh, anak-anak gembira, saya juga senang karena bisa dapat foto menarik (itu yang penting). Murah meriah dan mengasyikkan. 


Have a nice weekend...... 

Advertisement

3 comments:

Wafy said...

Aah nemu blogger mesir dsni :) mbak ellys tinggal dimana? Salam kenal, sy wafy di Nasr city

Ellys Utami said...

Hai Wafy... Salam kenal kembali. Nasr city-nya di mana nih? Saya di Maadi... 😉

Ellys Utami said...

Hai Wafy... Salam kenal kembali. Nasr city-nya di mana nih? Saya di Maadi... 😉

Follow by Email

Copyright © Ellys' Notes | Powered by Blogger | Theme by NewBloggerThemes.com

About // Contact // Privacy Policy